Falcon Heavy Sukses Tunaikan Misi Komersil Perdananya

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Falcon Heavy Sukses Tunaikan Misi Komersil Perdananya
Falcon Heavy. [Shutterstock]

Falcon Heavy akhirnya benar-benar melakukan peluncuran komersial perdananya dari Pad 39A di pusat peluncuran milik NASA.

Suara.com - Sempat tertunda karena cuaca buruk, Falcon Heavy akhirnya benar-benar melakukan peluncuran komersial perdananya dari Pad 39A di pusat peluncuran milik NASA, Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat.

Roket yang diklaim terkuat sejagat milik SpaceX ini meluncur dalam rangka mengantarkan satelit komunikasi milik Arab Saudi, Arabsat-6A, menuju orbit.

Tak hanya itu, prestasi lainnya juga turut diukir SpaceX karena sukses mendaratkan kembali ketiga booster milik Falcon Heavy secara bersamaan.

Menurut laporan The Verge yang dikutip Jumat (12/4/2019), dua outer booster mendarat sempurna di tempat pendaratan milik SpaceX di Cape Canaveral, Florida. Sedangkan saru booster intinya mendarat di kapal drone 'Of Course I Still Love You' berlokasi di Samudera Atlantik.

Ini merupakan keberhasilan pertama bagi SpaceX, mengingat pada uji coba peluncurannya, hanya dua booster saja yang kembali ke Bumi dalam kondisi utuh.

Logo SpaceX. [Shutterstock]
Logo SpaceX. [Shutterstock]

Atas pencapaian tersebut, CEO SpaceX Elon Musk langsung merayakannya dengan membagikan postingan ketiga booster yang mendarat itu lewat akun Twitter miliknya.

Pencapaian ini juga tidak terlepas dari penggunaan booster baru SpaceX pada Falcon Heavy yang dinamai Block 5.

Berbeda dengan pendahulunya, booster ini membawa sejumlah fitur baru yang membuatnya membuatnya lebih mudah untuk didaratkan, sekaligus bisa dengan cepat digunakan kembali untuk misi berikutnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS