Canggih, Proyek Seni Google Ini Ubah Wajah Jadi Potret Puisi

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Canggih, Proyek Seni Google Ini Ubah Wajah Jadi Potret Puisi
Aplikasi Google Photos. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Terkadang puisi yang dihasilkan adalah rangkaian kalimat tak berarti, namun kerap terbaca indah lagi menyentuh.

Suara.com - Google membuat proyek seni terbaru berjuluk PoemPotraits dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan (AI). Aplikasi web ini merupakan gabungan foto selfie untuk membuat sebuah potret puisi dari wajah seseorang.

Dilansir dari The Verge, pada dasarnya proyek ini adalah filter Instagram yang dipasangkan dengan beberapa baris puisi hasil teknologi AI atau kecerdasan buatan.

Projek PoemPotraits ini sendiri adalah hasil kolaborasi antara Seni dan Budaya Lab Google, pembuat kode Ross Goodwin, dan seorang seniman serta desainer panggung terkenal bekerja di National Theatre, London, bernama Es Devlin.

Google PoemPotraits [YouTube: Google PoemPotraits].
Google PoemPotraits [YouTube: Google PoemPotraits].

Ross Goodwin membangun sebuah perangkat lunak penghasil puisi dan melatih pembelajaran mendalam pada AI untuk kumpulan besar puisi abad ke-19. Setelahnya, perangkat ini akan mencari pola dalam data dan menghasilkan teks sebagai tanggapan atas input pengguna.

Sementara itu, Es Devlin memasukkan mesin pembuat puisi kecil ini ke dalam sejumlah kerangka kerja fisik, termasuk patung singa di Trafalgar Square London dan bilik foto untuk pesta Galeri Serpentine, Inggris.

Aplikasi web ini adalah versi digital dari bilik foto dan uniknya, puisi-puisi yang dihasilkan secara acak akan membentuk kalimat-kalimat tak masuk akal namun terkadang bisa membentuk puisi mengharukan.

Akun YouTube Google Arts & Culture sendiri telah memposting video tentang aplikasi ini pada 2 Mei 2019.

Hitekno.com/Dinar Surya Oktarini

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS