Google Hapus Dua Ponsel Huawei dari Laman Android

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Google Hapus Dua Ponsel Huawei dari Laman Android
Google. (Shutterstock)

Google menghapus dua ponsel buatan vendor China itu dari website Android.com.

Suara.com - Boikot Google kepada Huawei bukan gertakan semata. Setelah mencabut lisensi Android untuk ponsel lansiran Huawei, kini perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu juga menghapus dua ponsel buatan vendor China itu dari website Android.com.

Menurut laporan Phone Arena yang dikutip pada Senin (27/5/2019), kedua perangkat Huawei yang dihapus dari laman tersebut adalah Huawei P30 Pro dan ponsel layar lipat Huawei Mate X.

Seperti yang diketahui, tampilan beranda situs web Android tersebut memuat kolom 'Devices' yang berisi sejumlah perangkat yang dapat menjalankan di sistem operasi Android.

Di dalam kolom tersebut, terdapat sejumlah ponsel keluaran teranyar, mulai dari Pixel, Samsung, hingga Xiaomi. Namun, tidak ditemukan ponsel milik Huawei.

Catatan khusus ada pada penghapusan Huawei Mate X, mengingat ponsel ini sebelumnya mendapatkan sorotan di bagian 'Latest & Greatest'.

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy S10 5G, LG V50 ThinQ 5Q, dan Xiaomi Mi Mix 5G, Mate X menjadi satu-satunya dalam daftar yang memiliki fitur layar lipat.

Sementara itu, Huawei P30 Pro tidak lagi muncul di daftar ponsel untuk kategori 'Popular Picks - Cameras that catch the shot'. Padahal sebelumnya, ponsel flagship dengan tiga kamera belakang ini bersanding bersama Pixel 3, Motorola Moto G6, dan OnePus 6T.

Huawei P30 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Huawei P30 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Di sisi lain, langkah boikot Huawei terpaksa diambil Google setelah perusahaan teknologi asal China itu masuk ke dalam daftar hitam Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Gara-gara ulah Trump, Huawei hanya diperbolehkan untuk menggunakan sistem operasi Android berlisensi open source yang bisa digunakan siapa saja, yang disebut dengan Android Open Source Project (AOSP).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS