Rayakan Mudik, Google Doodle Juga Kenang 50 Tahun Parade LGBT

Liberty Jemadu
Rayakan Mudik, Google Doodle Juga Kenang 50 Tahun Parade LGBT
Google doodle merayakan 50 tahun Parade LGBT di New York pada 4 Juni 2019. [Google]

Google doodle bertajuk Celebrating 50 Years Of Pride itu memperingati kerusuhan di Greenwich Village, New York pada 28 Juni 1969.

Suara.com - Google, pada Selasa (4/6/2019), memasang doodle atau animasi mudik untuk ikut merayakan tradisi pulang kampung di Indonesia jelang hari raya Idul Fitri dan di saat bersamaan perusahaan Amerika Serikat tersebut juga memperingati 50 tahun parade LGBT di New York.

Khusus untuk pengguna di Indonesia, Google memasang doodle bertajuk Mudik 2019. Doodle itu hanya bisa dinikmati oleh para penggunanya di Indonesia.

"Mudik adalah tentang memperat ikatan dalam komunitas, menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan orang-orang yang dicintai, ikut serta dalam ritual, serta berziarah ke makam," tulis Google dalam penjelasan soal doodle Mudik 2019.

Sementara dalam waktu yang sama, Google doodle bertema Celebrating 50 Years Of Pride ditayangkan untuk pengguna di Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Thailand, Jepang, Filipina, Afrika Selatan, Argentina, Chile, dan Peru.

Doodle bertajuk Celebrating 50 Years Of Pride itu memperingati kerusuhan di Greenwich Village, New York pada 28 Juni 1969 yang digerakkan oleh komunitas homoseksual di AS untuk memprotes penggerebekan polisi atas sebuah bar gay di daerah tersebut.

Kerusuhan itu kini diperingati dan dirayakan oleh komunitas LGBT sedunia sebagai tonggak awal perjuangan melawan diskriminasi terhadap kelompok-kelompok gender minoritas di dunia.

Menurut CNet, Google merupakan salah satu perusahaan raksasa dunia yang mendukung perjuangan melawan diskriminasi terhadap kelompok LGBT di dunia.

Memasuki Juni, yang di sejumlah negara dinobatkan sebagai bulannya gay dan lesbian, Google biasanya menghiasi mesin pencarinya dengan gambar pelangi ketika pengguna mencari kata gay, lesbian, atau transgender.

Untuk tahun ini gambar atau animasi yang menggambarkan perayaan komunitas LGBT di berbagai kota di dunia dipasang Google pada bagian atas mesin pencarinya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS