Keren, India Targetkan Punya Stasiun Luar Angkasa Sendiri

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Keren, India Targetkan Punya Stasiun Luar Angkasa Sendiri
Ilustrasi stasiun luar angkasa internasional (ISS). Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

ISRO, badan antariksa India bakal siapkan stasiun angkasa luar berbobot 20 ton.

Suara.com - Pihak yang berambisi untuk memiliki stasiun luar angkasa semakin banyak. Kali ini, India yang mengumumkan rencananya untuk membuat stasiun luar angkasa.

Planet Venus. [Shutterstock]
Planet Venus, yang akan menjadi bagian dari misi antariksa India. [Shutterstock]

Menurut laporan Times of India yang dilansir pada Minggu (16/6/2019), proyek yang diberi nama Gaganyaan ini akan rampung dalam 5 - 7 tahun. Secata harfiah, Gaganyaan sendiri berarti kendaraan antariksa.

Gaganyaan akan dipersiapkan oleh Indian Space Research Organization (ISRO). Gambaran kasarnya, ISRO menyebut bahwa Gaganyaan akan memiliki bobot 20 ton.

"Kami harus mempertahankan misi Gaganyaan setelah misi peluncuruan manusia ke luar angkasa. India berencana untuk memiliki stasiun luar angkasa sendiri," ujar kepala ISRO K. Sivan.

Nantinya, stasiun luar angkasa ini diroyeksikan untuk menjalani eksperimen gaya berat mikro dan ditargetkan untuk mampu menampung astronot sekitar 15 hingga 20 hari di ruang hampa.

Menariknya, ISRO optimis bisa mengerjakan proyek ini tanpa campur tangan pihak luar. Artinya, mereka menolak untuk bekerjasama dengan pihak swasta maupun lembaga antariksa dari negara lain.

Selain mengungkap Gagayaan, ISRO juga menyampaikan misi antariksa mereka selanjutnya, yaitu membawa wahana Aditya-L1 untuk mempelajari korona matahari yang mengubah iklim di Bumi.

Satu ambisi lainnya, mereka juga bertekad untuk mengeksplorasi Planet Venus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS