Pendiri Apple: Orang Pintar Stop Gunakan Facebook

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Pendiri Apple: Orang Pintar Stop Gunakan Facebook
Ilustrasi aplikasi Facebook. [Shutterstock]

Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple, mengatakan bahwa orang yang masih memiliki akal, akan secepat mungkin menghapus akun Facebook mereka.

Suara.com - Salah satu pendiri Apple Steve Wozniak menghimbau agar warganet berhenti menggunakan Facebook karena alasan privasi data pribadi penggunanya.

"Ada banyak jenis orang dan bagi sebagian, manfaat Facebook lebih berharga dibandingkan dengan kehilangan privasi," sindir Wozniak seperti dikutip dari CNBC pada Rabu (10/7/2019).

Namun orang yang masih memiliki akal, kata Wozniak, akan secepat mungkin menghapus akun Facebook mereka, karena aplikasi buatan Mark Zuckerberg tersebut telah melewati batas-batas privasi penggunanya.

"Tapi bagi sebagian lagi, seperti saya, rekomendasiku adalah bagi kebanyakan orang, kalian harus mencari cara untuk keluar dari Facebook," lanjutnya.

Seandainya warganet menolak untuk keluar dari media sosial terpopuler ini, pria yang turut mendirikan Apple bersama mendiang Steve Jobs ini menyarankan Facebook agar memberikan ruang privasi yang lebih luas bagi penggunanya.

Sebagai contoh, pengguna aplikasi bisa membayar agar data-datanya tidak diserahkan ke pihak ketiga.

Pernyataan Wozniak sendiri dipicu oleh terungkapnya skandal Cambridge Analytica yang memaparkan kebocoran data jutaan pengguna Facebook.

Sementara itu, Wozniak sendiri sudah meninggalkan dan menghapus akun Facebook miliknya sejak bulan April tahun lalu. Alasannya, aplikasi ini lebih banyak merugikan dirinya.

"Jejaring sosial ini lebih banyak memberi saya keburukan dibanding kebaikan. Apple memiliki cara yang lebih aman dalam membagikan hal tentang penggunanya. Saya masih bisa bertahan dengan cara lama seperti email dan pesan singkat," demikian tulisan terakhirnya sebelum menonaktifkan akun Facebook.

Wozniak menuturkan, sebelum menghapus akun Facebook miliknya, ia sudah terlebih dahulu mengubah dan menghapus sejumlah informasi mengenai dirinya agar data-data pribadinya tidak dimiliki pihak lain.

"Saya tak ingin orang lain mengambil alih akun saya, walaupun itu Steve Wozniak yang lain. Tapi aku tidak keberatan untuk berpisah dengan 5.000 teman di Facebook. Banyak yang tidak saya kenal juga di sana," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS