Awas, Kamera Putar Samsung Galaxy A80 Bisa Hasilkan Foto Terbalik

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Awas, Kamera Putar Samsung Galaxy A80 Bisa Hasilkan Foto Terbalik
Samsung Galaxy A80 diluncurkan di Jakarta, Rabu (17/7/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]

Namun karena kamera berputar 180 derajat, maka hasil jepretan kamera Samsung Galaxy A80 bisa menjadi terbalik.

Suara.com - Kamera putar pada Samsung Galaxy A80, gawai yang diluncurkan di Jakarta, Rabu (17/7/2019), cukup menarik perhatian karena mekanisme yang digunakan dalam sekejap bisa mengubah tiga kamera belakang menjadi kamera depan.

Lantas, seperti apakah cara kerja fitur ini?

Secara teknis, fitur rotating triple camera Samsung Galaxy A80 berpusat pada gear yang tertanam di bawah kamera. Fungsi gear ini adalah untuk mendorong kamera agar naik ke atas saat aplikasi kamera depan dibuka pengguna.

Saat kamera sudah berada di titik maksimal (sudah berputar 180 derajat), kamera akan terkunci lebih dulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah benturan kamera selama proses rotasi. Namun ketika kamera sudah muncul di permukaan, kamera akan berotasi kembali dan akan terkunci lagi secara otomatis.

"Jadi, memang ada locking mechanism agar ketika proses kamera naik, dia (kamera) tidak berputar lebih dulu," terang Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Reynaldi, di Jakarta pada Rabu (17/7/2019).

Namun karena kamera berputar 180 derajat, maka hasil jepretan kamera bisa menjadi terbalik. Jika pengguna mengalami masalah ini, Irfan meminta agar jangan langsung panik.

Seorang model sedang berfoto menggunakan Samsung Galaxy A80 di Jakarta, Rabu (17/7/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]
Seorang model sedang berfoto menggunakan Samsung Galaxy A80 di Jakarta, Rabu (17/7/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]

Untuk mengatasi masalah mirroring atau efek cermin yang membuat hasil foto Samsung Galaxy A80 terbalik, pengguna bisa menemukan solusinya dalam menu pengaturan, lalu pilih agar foto selfie tetap normal seperti saat pratinjau.

"Pengaturan bisa dilakukan dengan memilih save option di menu setting kamera lalu aktifkan opsi pictures as previewed," pungkasnya.

Adapun Samsung Galaxy A80 dijual di Indonesia dengan harga Rp 9,5 juta dan akan mulai tersedia pada 18 Juli besok.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS