Glints Manfaatkan Dana 6,8 Juta Dolar AS untuk Temukan Talent Terbaik

Fabiola Febrinastri
Glints Manfaatkan Dana 6,8 Juta Dolar AS untuk Temukan Talent Terbaik
Glints, sebuah platform rekrutmen dan career development berbasis teknologi di Asia Tenggara telah mendapat 6,8 juta dolar AS dalam pendanaan Seri B, yang dipimpin oleh Monk’s Hil Ventures. (Dok : Glints)

Glints menggunakan pendekatan full-stack dan menggabungkan skill dari rekruter berpengalaman.

Suara.com - Glints, sebuah platform rekrutmen dan career development berbasis teknologi di Asia Tenggara telah mendapat 6,8 juta dolar AS dalam pendanaan Seri B, yang dipimpin oleh Monk’s Hil Ventures. Dana ini akan digunakan untuk menemukan talent terbaik, dengan biaya dan waktu yang efisien.

Adapun investor yang telah masuk adalah Hong Kong - based MindWorks Venture, dan investor yang sudah bergabung, Fresco Capital dan Wavemaker Partners.

“Kami percaya, kami menemukan growth model yang tepat untuk menyelesaikan tantangan dalam menemukan talent terbaik, dengan biaya dan waktu yang efisien bagi klien dan kandidat. Employers memiliki kesusahan dalam menemukan kandidat yang tepat dalam portal pencarian kerja dan membuang banyak waktu untuk proses penyaringan CV yang tidak relevan," ujar Oswald Yeo, CEO dan Co-Founder Glints. 

"Sebelumnya, headhunter tradisional lebih efektif, namun jauh lebih mahal untuk pegawai, terutama ketika mereka ingin mempekerjakan posisi yang masih junior hingga mid-level, yang mana sangat lumrah di Asia Tenggara untuk memberikan suasana kerja yang muda,” tambahnya.

Pendanaan dari series B ini dibangun enam kali pertumbuhan pendapatan Glints. Selain digunakan untuk menumbuhkan tim produk dan tekniknya, pendanaan tersebut juga akan digunakan untuk berekspansi ke pasar Vietnam dan Hong Kong.

Glints menggunakan pendekatan full-stack dan menggabungkan skill dari rekruter berpengalaman dan efisiensi teknologi, dengan mengotomatiskan proses rekrutmen seperti sourcing kandidat hingga proses follow-up.

Tidak seperti model portal tradisional, perusahaan tidak perlu membayar biaya apapun hingga mereka sukses mempekerjakan kandidat yang tepat.

“Sekarang, para pegawai sedang sulit mengisi lowongan, karena talent shortage yang terjadi secara mendunia. Yang akhirnya tidak mengecualikan Asia Tenggara. Glints telah memikirkan hal ini dan mengembangkan solusi end-to-end dengan teknologi yang mempertemukan kandidat dan perusahaan di Asia. Dengan daya tarik dan pertumbuhan yang kuat, kami memutuskan untuk bermitra dengan Glints dan memimpin investasi putaran Seri B mereka,” ujar Peng T. Ong, Managing Partner dari Monk’s Hill Ventures.

Adapun klien yang sudah bergabung adalah GoJek, FWD Insurance, dan Bank UOB. Rata-rata waktu klien sukses dalam mempekerjakan kandidat sekitar 28 hari.

Angka ini jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan standar industri yang bisa memakan waktu 40 - 50 hari. Dengan waktu tersebut, biaya yang dihabiskan pun besar, sementara dengan Glints bisa 40 persen hingga 100 persen lebih murah dari rekruters tradisional.

Dengan terbatasnya talent berbakat dalam bidang vertikal tertentu, seperti IT, Glints juga melakukan pendekatan end-to-end untuk kandidat berpotensi. Tidak hanya menyaring kandidat yang berpotensi, namun juga mengembangkan pasokan kandidat melalui program pelatihan, yaitu "Glints Academy".

Akademi ini merupakan coding bootcamp, yang melatih talenta mudah di Indonesia untuk menjadi developer. Nantinya akademi ini pun akan mencocokan lulusan terbaik kepada perusahaan yang membuka peluang kerja yang baik.

“Asia Tenggara memiliki pasar dunia kerja yang besar dan pertumbuhan yang pesat. Glints membantu pencari kerja muda untuk menemukan pekerjaan impian mereka. Usia rata-rata di Asia Tenggara itu di bawah 30 tahun, dan kesempatan untuk mengembangkan karier dan perekrutan sangat besar. Ini membuat kami sangat senang menjadi bagian dalam perjalanan Glints,” ujar Paul Santos, Managing Partner dari Wavemaker Ventures.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS