Huawei Mate 30 Pro, Ponsel Pertama dengan OS Harmony?

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Huawei Mate 30 Pro, Ponsel Pertama dengan OS Harmony?
Sistem operasi Huawei, HarmonyOS. [AFP/Fred Dufour]

Huawei baru saja memperkenalkan sistem operasi baru buatan mereka, Harmony.

Suara.com - Huawei baru saja memperkenalkan sistem operasi baru buatan mereka, Harmony. Selain digunakan untuk smart TV, sistem operasi ini juga bisa menjalankan ponsel.

Menurut laporan Trustedreviews, Senin (12/8/2019), Huawei Mate 30 Pro berpotensi menjadi ponsel pertama dengan OS Harmony. Alasannya, ponsel ini diproyeksikan menandingi popularitas Samsung Galaxy Note 10 yang baru saja dirilis.

Selain itu, pamor OS Harmony bisa meroket seandainya disematkan pada ponsel terbaru yang memiliki hardware yang kuat, sekaligus menegaskan bahwa OS ini merupakan sistem operasi spesialis ponsel premium.

Diasumsikan, Huawei Mate 30 Pro bisa saja melenggang dengan OS Harmony karena mengusung spesifikasi tinggi. Pasalnya, berbagai rumor menyebut bahwa ponsel ini bakal ditenagai prosesor Kirin 990, chip kasta teratas dalam keluarga besar Kirin.

Produksi chipset baru Kirin 990 ini masih dipercayakan kepada TSMC di Taiwan. Nantinya, akan memakai proses fabrikasi 7 nm EUV.

Bocoran kamera Huawei Mate 30 Pro. [Twitter]
Bocoran kamera Huawei Mate 30 Pro. [Twitter]

Teknologi TSMC ini diklaim dapat meningkatkan kerapatan transistor hingga 20 persen. Sehingga dapat mendongkrak performa, tetapi tetap membuat daya lebih irit.

Sementara itu, Huawei Mate 30 disebut-sebut bakal diumumkan pada 19 September mendatang. Informasi ini didapat Xda-developers berdasarkan laporan dari situs berita Rusia, hi-tech.mail.ru.

Bocoran peluncuran Huawei Mate 30 Pro tersebut berasal dari Dr. Wang Chenglu, President of Huawei Consumer Business Software, yang berbicara tentang EMUI 10 dan Kirin 990 mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS