Bukan Huawei, Ini Ponsel 5G Pertama di China

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Bukan Huawei, Ini Ponsel 5G Pertama di China
Ilustrasi teknologi jaringan 5G (Shutterstock).

Ponsel 5G pertama yang benar-benar resmi meluncur di China ternyata bukan Huawei.

Suara.com - Meski Huawei gemar menggemborkan rencananya untuk merilis ponsel 5G di China, nyatanya bukan mereka yang pertama kali merealisasikannya.

Ponsel 5G pertama yang benar-benar resmi meluncur di Negeri Tirai Bambu justru berasal dari ZTE yang selama ini jarang terdengar rimbanya.

Yap, ZTE baru saja meresmikan peluncuran ponsel 5G pertamanya, yaitu Axon 10 Pro 5G. Ponsel ini memang tidak asing, karena sempat dipamerkan pada Februari lalu dalam bentuk purwarupa.

Dikutip dari The Verge, Selasa (6/8/2019), ZTE Axon 10 Pro 5G mengusung layar AMOLED 6,47 inci dan menggunakan modem 5G generasi pertama buatan Qualcomm, yaitu X50.

Sementara itu, Huawei sendiri diprediksi baru akan melepas ponsel 5G-nya secara resmo pada 16 Agustus mendatang, lewat produk Huawei Mate 20 X 5G. Meskipun ponsel ini sudah ada di Benua Biru sejak bulan lalu.

Ilustrasi ZTE. [Shutterstock]
Ilustrasi ZTE. [Shutterstock]

Selain itu, vendor ponsel asal China lainnya juga sedang menyiapkan rangkaian ponsel 5G-nya. Sebut saja OnePlus dengan OnePlus 7 Pro 5G atau Oppo dengan Reno 5G. Keduanya sudah merilis ponsel 5G di negara lain, namun belum meluncur di negara asalnya.

Keterlambatan perilisan ponsel 5G di China bisa dimaklumi. Pasalnya, negara ini belum memiliki operator yang menyediakan jaringan telekomunikasi generasi kelima tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS