Cangkok Jantung Babi ke Manusia Terwujud dalam 3 Tahun

Liberty Jemadu
Cangkok Jantung Babi ke Manusia Terwujud dalam 3 Tahun
Ilustrasi induk babi dan anak-anaknya. [Shutterstock]

Anatomi dan fisiologi jantung babi mirip dengan manusia.

Suara.com - Jantung babi akan bisa dicangkokan ke manusia dalam tiga tahun mendatang, demikian dikatakan Terrence English, dokter Inggris pertama yang menggelar transplantasi jantung di 1979, pada pekan ini.

English mengatakan bahwa salah satu rekannya yang terlibat dalam operasi bersejarah 40 tahun silam itu, Christopher McGregor, akan melakukan operasi cangkok ginjal dari babi ke manusia pada tahun ini.

"Jika operasi xenotransplantasi ginjal babi ke manusia itu memuaskan, maka kemungkinan besar cangkok jantung (babi) ke manusia bisa dilakukan dalam beberapa tahun mendatang," kata English yang kini berusia 87 tahun.

Xenotransplantasi sendiri berarti pencangkokan organ atau jaringan tubuh antara spesies. Kini McGregor sedang mengembangkan dua metode agar sistem imun tubuh manusia tidak menolak organ asing.

"Jika ginjal bisa, maka demikian pula jantung," lanjut English.

Menurut The Guardian, anatomi dan fisiologi jantung babi mirip dengan manusia. Karenanya jantung babi sering digunakan dalam eksperimen untuk mengembangkan obat-obatan bagi manusia.

Pada Mei lalu, para ilmuwan menemukan bahwa cangkok jantung babi ke manusia memiliki prospek menjanjikan setelah mereka berhasil menggelar sebuah terapi genetik yang melibatkan microRNA-199.

MicroRNA-199 adalah materi genetik yang terbukti bisa memperbaiki jantung yang rusak akibat terkena infark miokardium (serangan jantung).

Infark miokardium adalah kondisi terhentinya aliran darah dari arteri koroner yang menyebabkan matinya sel-sel jantung. Mereka yang terkena serangan jantung sering kali mengalami kerusakan struktur jantung permanen.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan memasukkan microRNA-199 ke jantung babi yang rusak akibat infark miokardium dan menemukan bahwa jantung babi itu pulih nyaris seperti sedia kala dalam tempo satu bulan.

"Pengobatan yang mendorong jantung pulih dengan sendirinya setelah terkena serangan jantung adalah cawan emas bagi para kardiolog," kata Ajay Shah, pakar kesehatan jantung pada British Heart Foundation.

Cangkok jantung babi ke manusia diyakini bisa menolong ratusan ribu pasien yang membutuhkan transplantasi jantung di dunia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS