5 Aplikasi Cuaca Terpopuler di Android

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
5 Aplikasi Cuaca Terpopuler di Android
Ilustrasi aplikasi prakiraan cuaca. [Shutterstock]

Beberapa aplikasi di Android saat ini telah memberikan informasi detail mengenai cuaca, kualitas udara, hingga pasang surut air laut di Indonesia.

Suara.com - Cuaca di Indonesia tidak menentu dan selalu berubah-ubah. Mengingat Indonesia terletak di daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi atau Ring of Fire, harus membuat masyarakat menjadi semakin awas terhadap peringatan bencana.

Oleh karena itu, beberapa aplikasi di Android saat ini telah memberikan informasi detail mengenai cuaca, kualitas udara, hingga pasang surut air laut di Indonesia. Berikut ini rekomendasi lima aplikasi cuaca terpopuler di Android yang telah dirangkum tim tekno Suara.com:

1. Info BMKG

Aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Meteorologi, Kimatologi, dan Geofisika ini memiliki ukuran sebesar 10 MB. Info BMKG memberikan informasi cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di Indonesia.

Aplikasi cuaca Android, Info BMKG. [Google Play Store]
Aplikasi cuaca Android, Info BMKG. [Google Play Store]

Aplikasi ini pun menyediakan peta hujan secara harian, prakiraan hujan bulanan, dan analisis hujan bulanan. Selain itu, tersedia informasi mengenai cuaca maritim, cuaca bandara, titik panas untuk potensi kebakaran hutan dan lahan, cuaca jalur mudik, hingga siaran pers resmi dari BMKG. Info BMKG telah diunduh lebih dari 5 juta kali.

2. Air Quality

Aplikasi cuaca Android, Air Quality. [Google Play Store]
Aplikasi cuaca Android, Air Quality. [Google Play Store]

Aplikasi besutan AirVisual ini memiliki ukuran sebesar 25 MB. Air Quality memberikan informasi mengenai angka-angka rinci tentang polutan utama untuk lebih dari 10.000 kota di lebih dari 80 negara.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi yang berisi tujuh hari pecemaran udara sehingga pengguna dapat merencanakan kegiatan di luar ruangan. Air Quality pun memberikan rekomendasi kesehatan berupa saran untuk menurunkan risiko kesehatan dan mencapai paparan minimal terhadap polutan. Aplikasi ini sendiri telah diunduh lebih dari 1 juta kali.

3. LAPAN: Fire Hotspot

Aplikasi berukuran 3,1 MB ini dikembangkan oleh LAPAN Remote Sensing Affairs. Aplikasi ini berisi pemantauan titik panas (hotspot) oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Aplikasi cuaca Android, LAPAN: Fire Hotspot. [Google Play Store]
Aplikasi cuaca Android, LAPAN: Fire Hotspot. [Google Play Store]

LAPAN: Fire Hotspot menyediakan peringatan dini dan informasi kebakaran hutan atau lahan yang berasal dari data satelit penginderaan jauh. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengetahui koordinat-koordinat hotspot di wilayah Indonesia secara real time. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 10 ribu kali.

4. Weather forecast

Aplikasi cuaca Android, Weather Forecast. [Google Play Store]
Aplikasi cuaca Android, Weather Forecast. [Google Play Store]

Aplikasi besutan smart-pro android apps ini memiliki ukuran 8,4 MB. Selain memberikan laporan lengkap yang berisi informasi cuaca, suhu, tekanan atmosfer, hingga kecepatan angin, Weather forecast juga dapat mendeteksi lokasi pengguna melalui GPS.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat melihat laporan cuaca secara global dari negara mana pun. Weather forecast telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali.

5. WRS-BMKG

Aplikasi yang juga dikembangkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ini memiliki ukuran sebesar 3,3 MB. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, WRS-BMKG khusus memberi informasi mengenai gempa dan tsunami di Indonesia.

Aplikasi cuaca Android, WRS-BMKG. [Google Play Store]
Aplikasi cuaca Android, WRS-BMKG. [Google Play Store]

Lewat WRS-BMKG, pengguna akan mendapatkan laporan mengenai daftar 30 kejadian terakhir untuk masing-masing gempa bumi dan tsunami, peta guncangan, peta perkiraan waktu kedatangan tsunami, peta perkiraan tinggi permukaan laut maksimum, peta perkiraan level warning pada zona merah, dan jarak pusat gempa dengan lokasi pengguna.

Tak hanya itu, pengguna pun akan mendapat saran dan arahan dari BMKG serta notifikasi suara dan pop-up alert melalui aplikasi ini. WRS-BMKG telah diunduh sebanyak lebih dari 100 ribu kali.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS