Mengekor Instagram, Facebook Berencana Sembunyikan Jumlah Like

Liberty Jemadu
Mengekor Instagram, Facebook Berencana Sembunyikan Jumlah Like
Like Facebook. [Shutterstock]

Menyembunyikan jumlah Like akan membuat pengguna Facebook tidak tertekan jika melihat status yang mereka unggah hanya memperoleh sedikit reaksi atau Like dari pengguna lain.

Suara.com - Facebook berkemungkinan dalam waktu dekat akan menghilangkan atau menyembunyikan jumlah Like dari setiap postingan atau status pengguna, demikian dilaporkan CNet, Selasa (3/8/2019).

Langkah ini sebelumnya sudah diterapkan Facebook pada Instagram pada Agustus lalu. Kebijakan itu diambil sebagai upaya untuk mengurangi rasa tidak nyaman pengguna yang berharap postingan mereka menjala banyak jempol.

Rencana Facebook itu ditemukan pertama kali oleh seorang analis data bernama Jane Manchun Wong. Ia pada Senin (2/9/2019) mendapati Facebook sedang bereksperimen menyembunyikan Like dari postingan dalam aplikasi berbasis Android.

Facebook sendiri pada hari yang sama mengakui bahwa pihaknya memang tengah menimbang untuk menghapus jumlah Like dari setiap postingan pengguna.

Jika benar diterapkan, maka pengguna tidak lagi bisa melihat berapa banyak Like atau reaksi yang didulang oleh postingan mereka. Alih-alih yang ditayangkan hanya daftar nama pengguna dan reaksi yang mereka berikan terhadap sebuah konten atau status.

Pada Agustus lalu eksperimen ini sudah mulai diterapkan pada Instagram. Kebijakan ini diyakini akan membuat pengguna lebih tenang dan tidak tertekan jika melihat konten atau status yang mereka unggah hanya memperoleh sedikit reaksi atau Like dari pengguna lain.

Belum diketahui kapan pembaruan ini akan diterapkan permanen pada Facebook maupun Instagram.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS