Oppo dan realme Bikin Ponsel dengan Refresh Rate 90 Hz

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Oppo dan realme Bikin Ponsel dengan Refresh Rate 90 Hz
Ilustrasi logo Oppo. [Shutterstock]

Selain performa kamera, beberapa vendor ponsel juga mencoba untuk meningkatkan kualitas layar.

Suara.com - Selain performa kamera, beberapa vendor ponsel juga mencoba untuk meningkatkan kualitas layar pada perangkatnya. Dua di antaranya adalah Oppo dan realme.

Melalui akun Weibonya, Vice President Oppo Brian Shen mengonfirmasi hal tersebut dengan mengatakan bahwa pihaknya tengah menggarap penerus Reno 10x Zoom yang bakal dilengkapi layar dengan refresh rate 90 Hz.

Menariknya, langkah tersebut juga diikuti oleh sang adik, realme. Product Manager realme Wang Wei Derek mengonfirmasi hal yang sama di akun Weibonya.

Ia menyebut bahwa ponsel anyar besutannya bakal dilengkapi kemampuan refresh rate layar 90 Hz dan akan dijual dengan harga yang lebih murah ketimbang OnePlus 7 Pro yang mengusung fitur serupa. Sebagai informasi, harga OnePlus 7 Pro sendiri dijual Rp 10 jutaan.

Cuitan Vice President Oppo Brian Shen. [Weibo]
Cuitan Vice President Oppo Brian Shen. [Weibo]

Sementara itu, Gizmochina melaporkan bahwa banyak pihak yang berspekulasi bahwa ponsel yang dimaksud Derek adalah realme XT yang kabarnya akan dirilis dalam waktu dekat.

Untuk diketahui, saat ini belum banyak ponsel yang mengusung layar dengan refresh rate 90Hz. Tercatat, hanya ada OnePlus 7 Pro dan Nubia Red Magic 3 yang mengusung fitur tersebut dan sudah resmi dijual di pasaran.

Nubia Red Magic 3. (Nubia)
Nubia Red Magic 3. (Nubia)

Refresh rate sendiri merupakan hitungan berapa kali layar di-refresh dalam satu detik. Semakin tinggi refresh rate, maka semakin banyak gambar yang bisa di-render. Imbasnya, gambar yang tersaji pada layar menjadi lebih mulus.

Bahkan untuk kalangan gamers, refresh rate menjadi salah satu faktor penting bagi mereka dalam memilih perangkat yang akan mereka gunakan untuk bermain game.

Namun, kian tingginya refresh rate layar pada ponsel harus dibayar dengan konsumsi baterai yang boros. Meski begitu, kendala ini mulai bisa diatasi seiring adanya prosesor yang sanggup mengoptimalisasi sistem, AI, dan teknologi baterai.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS