Review Realme 5 Pro: Hasil Kamera Mulus, Tak Menguras Fulus

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Review Realme 5 Pro: Hasil Kamera Mulus, Tak Menguras Fulus
Logo pada Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Realme 5 Pro akan dijual di kisaran Rp 3 juta di Indonesia.

Suara.com - Realme merespon tren ponsel empat kamera belakang dengan memboyong Realme 5 Pro ke Indonesia pada Kamis (18/9/2019). Ponsel ini hadir dalam 3 varian, yakni RAM 4GB/ROM 64GB, RAM 6GB/ROM 64GB, dan RAM 8GB/ROM 128GB.

Suara.com berkesempatan untuk mengulik lebih jauh lagi ponsel berjuluk Quad Camera SpeedMaster ini. Realme 5 Pro yang akan dijajal merupakan varian tertinggi, dengan RAM 8 GB/ROM 128 GB dan berwarna Sparkling Blue.

Lalu, seperti apakah performa ponsel Rp 3 jutaan ini? Simak baik-baik review realme 5 Pro berikut.

Desain
Balutan warna Sparkling Blue pada ponsel ini terlihat elegan dan mewah berkat motif yang membentuk pecahan kristal saat dilihat dari berbagai sudut.

Bodi belakang Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Bodi belakang Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Konon, Realme memerlukan 15 kali pembuatan prototipe dan 78 kali penyesuaian detail di bagian belakang untuk menghasilkan efek visual baru, yaitu warna holografik dengan tekstur potongan kristal.

Pada bagian belakang terpatri 4 kamera belakang, LED Flash, sensor sidik jari serta logo Realme. Di sisi kiri, terpasang tombol volume serta slot untuk kartu SIM dan microSD. Bagian sisi kanan dipakai untuk tombol power, sedangkan bagian atasnya untuk speaker.

Kamera belakang dan pemindai sidik jari Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Kamera belakang dan pemindai sidik jari Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Adapun pada bagian bawah, terdapat port USB Type-C yang membuat transfer data lebih cepat, speaker, jack audio 3,5 mm, dan lubang mic.

Sekujur bodi realme 5 Pro, termasuk tombol-tombol fisiknya, didesain agar tahan air dengan fitur Splash resistant yang memungkinkan perangkat tetap aman saat terkena percikan air.

Bodi bagian bawah dan lubang-lubang port Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Bodi bagian bawah dan lubang-lubang port Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Dengan dimensi 157 x 74,2 x 8,9 mm dan bobot 184 gram saja, ponsel ini juga kokoh saat digenggam dan enteng untuk dibawa kemana-mana.

Layar
Realme 5 Pro mengusung layar IPS 6,3 inci beresolusi FHD+ (1080 x 2340 piksel) dengan aspek rasio screen to body 19,5:9. Artinya, 83,6 persen bagian depan ponsel dipakai untuk layar dan hanya menyisakan bezel tipis untuk tepian ponsel.

Realme 5 Pro, ponsel dengan 4 kamera, akan dijual di kisaran Rp 3 juta saat diluncurkan di Indonesia pada 19 Septemer 2019. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Realme 5 Pro, ponsel dengan 4 kamera, akan dijual di kisaran Rp 3 juta saat diluncurkan di Indonesia pada 19 Septemer 2019. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Hasilnya, besaran resolusi yang diusung layar Realme 5 Pro membuat grafis yang ditampilkan menjadi lebih tajam.

Sementara pada bagian layar atas, terpasang notch alias poni bermotif dew drop untuk menampung kamera selfie beresolusi 16 MP. Pengguna juga tidak usah khawatir akan goresan pada layar karena sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 3+.

Kamera
Dari sekian banyak fitur yang diusung ponsel terbaru ini, kamera Realme 5 Pro menjadi bagian paling menarik untuk diulik.

Dari empat kamera belakang yang diusung ponsel ini, kamera utamanya beresolusi 48 MP dengan f/1,8 dan menggunakan sensor Sony IMX 586. Soal performa, sensor ini sudah lama dikenal mampu menghasilkan foto yang tajam.

Hasil foto kamera 48 megapiksel dari Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto kamera 48 megapiksel dari Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Bahkan, hasil foto dari kamera 48 MP ini berukuran 8000 x 6000 piksel dan tidak pecah ketika dilakukan pembesaran atau zoom. Untuk mengaktifkan kamera 48 MP, pengguna bisa memilihnya pada menu kamera belakang.

Untuk kamera kedua, ponsel ini menggunakan lensa ultra-wide-angle beresolusi 8MP dengan aperture f/2.2 yang sanggup menangkap obyek luas hingga 119 derajat

Hasil foto kamera Realme 5 Pro dengan mode ultrawide pada siang hari. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto kamera Realme 5 Pro dengan mode ultrawide pada siang hari. [Suara.com/Tivan Rahmat]

.Kamera ketiganya menggunakan lensa makro beresolusi 2 MP dengan bukaan lensa f/2.4. Fungsinya sudah jelas, untuk menangkap detil obyek dari jarak dekat, yaitu 4 cm.

Sedangkan kamera terakhir yang beresolusi 2 MP berfungsi untuk menciptakan depth effect alias bokeh yang tergolong rapi dan tidak berlebihan.

Hasil foto kamera Realme 5 Pro dengan mode potrait. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto kamera Realme 5 Pro dengan mode potrait. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Tampilan menu kamera belakang realme 5 Pro juga cukup simpel dan mudah digunakan. Terdapat mode photo, 1x zoom, 2x zoom, 5x zoom, portrait, ultra-wide, chroma boost, ultra 48 MP, nightscape, pano dan expert. Selain itu, pengguna juga bisa memilih aneka filter agar hasil foto menjadi lebih menarik.

Sama seperti ponsel realme lainnya, realme 5 Pro juga punya mode Nightscape yang sudah diperbarui, sehingga ada peningkatan pada highlight supression dan dynamic range.

Secara teknis, fitur ini menggabungkan teknologi AI dengan mesin multiframe, sehingga efektif untuk mengurangi noise dan menjadikan hasil foto maupun video lebih stabil, termasuk dalam kondisi minim cahaya.

Selain Nightscape, Chroma Boost juga kembali hadir di ponsel ini. Chroma Boost yang sudah ditingkatkan ini mampu mengenali berbagai informasi seputar obyek yang ditangkap oleh kamera, sekaligus bekerja untuk menyesuaikan kontras, kecerahan, dan saturasi warna agar hasil foto sesuai dengan aslinya.

Algoritma pemetaan warna level piksel pada Chroma Boost kemudian digunakan untuk merekonstruksi gambar yang lebih jelas dan lebih bertekstur.

Hasil foto kamera Realme 5 Pro dengan mode auto with nightscape and chroma boost[Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto kamera Realme 5 Pro dengan mode auto with nightscape and chroma boost[Suara.com/Tivan Rahmat]

Saat Nightscape dan Chromaboost diaktifkan, hasil potret di malam hari menjadi lebih jelas, minim noise, dan mampu mereduksi efek pijar cahaya yang keluar dari lampu yang biasanya merusak estetika foto malam hari.

Beralih ke kamera depan, ponsel ini dilengkapi sensor tunggal dari Sony IMX471 beresolusi 16 MP dengan bukaan diafragma f/2.0. Sensor ini dilengkapi lensa 5P yang membuat warna kulit terlihat lebih natural.

Hasil foto kamera depan Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Hasil foto kamera depan Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Jangan lupakan juga, ponsel ini sudah didukung AI Beauty Selfie yang dapat mengidentifikasi obyek yang difoto melalui 296 titik pengenalan wajah. Teknologi ini juga menyuguhkan 8 juta efek beauty untuk masing-masing orang dalam grup selfie.

Kaum Adam juga tidak perlu khawatir dengan fitur ini karena ponsel ini tidak akan membuat hasil selfie kalian menjadi feminin. Pasalnya, tingkat mode beauty ini bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Menuju fitur video, ponsel ini punya beberapa menu yang bisa membuat konten video menjadi lebih menarik, yaitu time-lapse dan slow-mo dengan beberapa pilihan kecepatan. Perlu dicatat juga, realme 5 Pro mampu merekam video dalam resolusi 4K secara stabil karena sudah dilengkapi Electric Image Stabilization.

Performa
Untuk dapur pacu, spesifikasi realme 5 Pro diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE dengan prosesor Octa-core dan GPU Adreno 616 yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB yang masih bisa ditingkatkan denyan slot microSD hingga 256 GB.

Skor bencmark Antutu Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Skor bencmark Antutu Realme 5 Pro. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Untuk menguji performa teknisnya, aplikasi benchmark AnTuTu bekerja dan memberikan skor di atas 180 ribu, nilai yang cukup besar di pasar ponsel Rp 3 jutaan.

Saat dipakai bermain game PUBG Mobile, ponsel ibi sanggup menjalankan settingan grafis HD dan frame rate high dengan mulus dan tanpa ada lag.

Dibalik moncernya pengalaman saat bermain game, rahasia performa realme 5 Pro terletak pada fitur game space dan Hyperboost 2.0 yang mampu mendongkrak performa ponsel untuk aktivitas gaming.

Sedangkan fitur Real Sound Technology membuat audio yang dikeluarkan perangkat saat menonton video menjadi lebih nyaring, jernih, dan jelas.

Perangkat lunak
Ponsel berjuluk Quad Camera SpeedMaster ini masih melintas dengan sistem operasi Android 9 Pie yang dibalut ColorOS 6. ColorOS 6.0 mengusung desain stock Android yang menyajikan tampilan antarmuka yang cukup simpel.

Tampilan antarmuka ini juga menyajikan notification tray untuk menampilkan notifikasi sosial media, email, pesan instan, dan lain-lain. Pengguna juga dapat mengakses menu setting secara singkat dari notification tray.

Dalam keadaan standar, realme 5 Pro membawa beberapa aplikasi bawaan Google (Gmail, GMaps, YouTube, dll), realme Comunity, Game Center, Facebook, Opera, Babe, hingga WPS Office.

Beralih ke fitur keamanan, ponsel ini didukung face unlock yang mampu mengenali wajah pengguna lebih akurat, pemindai sidik jari yang mampu membuka kunci ponsel kurang dari 1 detik, hingga Kid Space agar ponsel ramah untuk anak-anak.

Untuk software game, realme 5 Pro punya fitur Hyperboost 2.0 yang terdiri dari Frame Boost, Touch Boost dan Game Boost.

Frame Boost mampu membuat game berjalan cepat dan mulus. Touch Boost meningkatkan responsivitas sentuhan pada layar ketika gaming. Sementara Game Boost didesain untuk mengoptimalkan kinerja chipset ketika bermain game berat.

Baterai
Realme 5 Pro dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah dilengkapi fitur VOOC Flash Charge 3.0. Teknologi ini bisa mengurangi masalah ketidakstabilan daya pengisian daya cepat, sekaligus mempertahankan pengisian daya tinggi sepanjang pengoperasian.

Secara teknis, dukungan Flash Charge 3.0 membuat ponsel ini terisi penuh hingga 100% dari kondisi di bawah 20% hanya dalam waktu satu jam. Dalam kondisi di atas 20%, baterai realme 5 Pro bahkan terisi penuh dengan waktu hanya 30 menit.

Dalam penggunaan harian seperti berkirim email, sosial media, pesan instan, foto, mengetik, dan lainnya, ponsel ini sanggup bertahan sekitar 48 jam. Sedangkan saat dipakai bermain game secara marathon bisa bertahan hingga 10 jam.

Namun ketika dibiarkan saja dalam keadaan standby, umur baterai realme 5 Pro sanggup bertahan hingga 3 - 4 hari.

Kesimpulan
Realme 5 Pro bukan hanya menggoda lewat desainnya saja. Lebih dari itu, ponsel ini menjanjikan hasil fotografi yang ciamik.

Bagi konsumen Indonesia yang sangat jeli dalam memperhitungkan harga jual ponsel, realme 5 Pro memberikan kualitas kamera, kinerja, dan daya tahan baterai melebihi mahar yang diperlukan untuk membeli perangkat ini.

Ringkasnya, realme 5 Pro memberikan hasil foto yang mulus, tapi tidak menguras fulus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS