Daftar Smartphone Siap Dirilis Akhir 2019 dan Diprediksi Masuk Indonesia

Dythia Novianty
Daftar Smartphone Siap Dirilis Akhir 2019 dan Diprediksi Masuk Indonesia
Ilustrasi jajaran smartphone anyar. (HiTekno.com)

Rangkaian smartphone ini diprediksi siap masuk Tanah Air akhir tahun ini.

Suara.com - Perusahaan smartphone seperti Apple, Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Vivo, menciptakan produk dan fitur-fitur terbaru untuk terus menguasai pasar. Sayangnya, tidak sedikit smartphone yang hanya meluncur di negara tertentu dan tidak tersedia secara resmi di Indonesia.

Lewat berbagai pertimbangan dan tentunya regulasi hukum di Indonesia yang mewajibkan para vendor smartphone mendapatkan sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebelum memasarkan produknya.

Di penghujung tahun ini ada beberapa smartphone yang akan release, sebagaimana tercatatkan dari keterangan resmi yang diterima Suara.com, yuk kita simak daftar smartphone paling ditunggu di Indonesia yang diprediksi akan masuk Tanah Air!

1. Realme X2 Pro

Realme X2 Pro. [Realme China]
Realme X2 Pro. [Realme China]

Realme X2 Pro memiliki spesifikasi flagship yang tidak bisa dianggap remeh. Flagship Realme ini dibekali dengan layar fluid Super AMOLED 6,5 inci dengan resolusi FHD+ 1080 x 2340 pixel.
Layar dengan refresh rate 90Hz ini juga didukung teknologi HDR10+ dan color gamut DCI-P3. Rasio layar ke bodi Realme X2 Pro mencapai 91,7 persen yang membuat layarnya tampil begitu penuh.

2. Google Pixel 4

Pihak Google sudah menggunakan algoritma khusus untuk mengoptimalkan kinerja fitur canggih ini. Alhasil, pengguna tidak perlu lagi menekan tombol apapun ketika ingin membuka kunci layar.

Lantas, bagaimana soal masalah keamanan? Untuk memastikan hal tersebut Google mengaku menggunakan chip Titan M sehingga data biometrik hanya bisa dipakai seperti peruntukannya.

Ponsel Google Pixel 4 diluncurkan di New York, Amerika Serikat pada Selasa (15/10/2019). [AFP/Johannes Eisele]
Ponsel Google Pixel 4 diluncurkan di New York, Amerika Serikat pada Selasa (15/10/2019). [AFP/Johannes Eisele]

Berkat tambahan dua buah fitur tersebut sayangnya Google Pixel 4 kemungkinan besar akan tetap mempertahankan bingkai tebal di bagian atas layar. Hal ini tentu cukup bertolak belakang dengan tren smartphone Android masa kini yang berupaya sekuat tenaga untuk meminimalkan bezel hingga mendekati screen-to-body rasio 100 persen.

3. OPPO K5

Segi desain, OPPO membekali seri K5 dengan material kaca gradasi yang sudah sangat lazim digunakan oleh perangkat ponsel masa kini. Guna mengakomodir kebutuhan fotografi, pabrikan asal China ini juga sudah membenamkan konfigurasi empat buah kamera belakang (quad-camera).

Oppo K5. (Oppo)
Oppo K5. (Oppo)

Masing-masing memiliki resolusi sebesar 64MP + 8MP ultrawide + sensor macro dedicated + depth sensor. Sekilas, tata letak kamera ini mengingatkan kita dengan seri Realme X2, hanya saja kekuatan resolusi sensor OPPO K5 sudah sedikit ditingkatkan.

4. Google Pixel 4 XL

Model ini memiliki hampir segala fitur dan spesifikasi dasar yang juga tersedia pada versi reguler. Bedanya, ukuran yang lebih "XL". 

Layar Pixel 4 XL punya panjang diagonal 6.3 inci dengan resolusi QHD (3.040 x 1440). Ponsel ini punya bobot 193 gram. Barangkali, beratnya bertambah lantaran ponsel ini dibekali dengan baterai 3,700 mAh. Baik Pixel 4 dan Pixel 4 XL dilengkapi fitur Qi Wireless Charging.

5. Samsung Galaxy Fold

Ponsel layar lipat pertama Samsung dibekali dengan 6 kamera, masing-masing 3 kamera belakang di bagian luar dengan konfigurasi 16MP + 12MP + 12MP, 1 kamera di bagian depan saat dilipat 10MP, dan 2 kamera di bagian dalam 10MP + 8MP. Baik saat dilipat maupun dibentangkan, masing-masing kamera tersebut bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Samsung Galaxy Fold. [AFP/Tobias Schwarz]
Samsung Galaxy Fold. [AFP/Tobias Schwarz]

Samsung Galaxy Fold ini disokong prosesor Snapdragon 855 yang memiliki sistem fabrikasi 7 nm, serta konfigurasi RAM 12GB dan memori internal 512GB dengan penyimpanan bertipe UFS 3.0. Baterainya berkekuatan 4,380 mAh.

6. Huawei Mate X

Huawei Mate X sendiri memiliki desain layar yang dilipat ke arah luar, berlawanan dengan Samsung Galaxy Fold yang harus dilipat ke dalam seperti buku. Perlu diketahui, ponsel lipat milik Huawei ini memiliki layar berukuran 8 inci saat dibentangkan secara penuh. Saat layarnya dilipat ukuran layarnya menjadi 6.6 inci dengan lipat ke luar.

Ponsel layar lipat Huawei Mate X diperkenalkan di Barcelona, Spanyol pada Februari 2019. [Shutterstock]
Ponsel layar lipat Huawei Mate X diperkenalkan di Barcelona, Spanyol pada Februari 2019. [Shutterstock]

Huawei Mate X akan diperkuat chip Kirin 980 dan juga modem 5G Balong 5000. Menariknya, flagship satu ini tidak hanya mendukung konektivitas 5G, namun juga bisa digunakan dengan teknologi multi-mode mulai 4G, 3G, dan juga 2G.

Diantara beberapa Smarphone ini, mana yang kalian tunggu?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS