alexametrics

Jelajahi Wilayah Baru di Mars, Curiosity Ambil Foto Selfie

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Jelajahi Wilayah Baru di Mars, Curiosity Ambil Foto Selfie
Mobil robotik sekaligus laboratorium berjalan milik badan antariksa Amerika Serikat di Mars, Curiosity. [Shutterstock]

Curiosity melakukan percobaan yang disebut "wet chemistry" untuk kedua kalinya.

Suara.com - Penjelajah Mars, Curiosity, milik NASA baru-baru ini diberi tugas yang cukup berat. Robot penjelajah itu melakukan percobaan yang disebut "wet chemistry" untuk kedua kalinya pada 24 September lalu.

Setelah mengambil sampel dari permukaan Mars, sampel tersebut dimasukkan ke dalam pelarut khusus yang dapat membantu Curiosity mengidentifikasi molekul organik yang mengandung karbon.

Tim misi Curiosity melakukan percobaan ini karena robot penjelajah tersebut sedang berada di daerah yang dijuluki Glen Etive, sebuah daerah yang kaya akan mineral tanah liat.

Tanah liat dinilai sangat bagus dalam melestarikan senyawa kimia dan menjadi bukti keberadaan air cair di Mars pada masa lalu.

Baca Juga: Sepak Bola Indonesia Berduka, #RIPAlfin dan Innalillahi Jadi Trending Topic

"Kami sangat ingin menemukan daerah yang cukup menarik untuk melakukan percobaan wet chemistry. Sekarang kita berada di daerah yang memiliki bantalan tanah," ucap Paul Mahaffy dari Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA di Maryland.

Mahaffy merupakan peneliti utama instrumen Sample Analysis at Mars (SAM) yang menganalisis debu dan serbuk batuan yang dikumpulkan oleh Curiosity ketika menjelajahi Kawah Gale di Mars.

SAM memiliki 74 gelas untuk menerima sampel tersebut, yang sebagian besar disimpan dalam keadaan kering dan dipanggang dalam oven mini. Sembilan gelas diantaranya digunakan untuk percobaan wet chemistry secara khusus.

Curiosity mengambil foto selfie di Mars. [NASA]
Curiosity mengambil foto selfie di Mars. [NASA]

Sayangnya, hasil dari sampel yang dikumpulkan Curiosity pada September lalu tidak akan diketahui sampai tahun depan. Menurut Mahaffy, data SAM sangat kompleks dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menelitinya.

Glen Etive sendiri berada di lereng bawah Mount Sharp. Selama melakukan perjalanan menuju Glen Etive, Curiosity mengkarakterisasi lingkungan di sekitarnya yang layak huni dan mencari tentang evolusi Mars.

Baca Juga: Ada Potensi Hujan Es di November, BMKG Minta Publik Waspada

Dilansir laman Space.com, rute yang ditempuh Curiosity menuju Glen Etive sendiri terlihat dari potret yang dibagikan Curiosity. Robot penjelajah itu seolah mengambil gambar selfie yang dirilis NASA pada pekan lalu.
Gambar yang diambil pada 11 Oktober itu terdiri dari 57 gambar yang dijadikan satu menggunakan Mars Hand Lens Imager (MAHLI), sebuah kamera sepanjang 2,1 meter yang dipasang di ujung Curiosity.

Komentar