Pimpinan NASA Masih Kukuh Sebut Pluto Sebagai Planet

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Pimpinan NASA Masih Kukuh Sebut Pluto Sebagai Planet
Ilustrasi planet di tata surya. (Shutterstock)

Perdebatan menganai Pluto telah berlangsung lama dan baru-baru ini kembali mendapat dukungan dari Administrator NASA.

Suara.com - Perdebatan menganai Pluto telah berlangsung lama dan baru-baru ini kembali mendapat dukungan dari Administrator NASA, Jim Bridenstine, yang mengatakan bahwa Pluto adalah sebuah planet.

Sebelumnya, pada Agustus lalu, Bridenstine telah mengumumkan hal yang sama. Ia berbicara kepada publik dalam acara FIRST Robotic, di Oklahoma, Amerika Serikat dan menyatakan bahwa ia berada di pihak yang mendukung status Pluto sebagai planet.

Pengamatan dari pesawat ruang angkasa New Horizons NASA pada 2015 mengungkapkan bahwa Pluto jauh lebih kompleks dari yang diperkirakan, dengan kemungkinan adanya samudera bawah tanah, dan bahan organik di permukaan dan atmosfer.

"Aku di sini untuk memberitahumu sebagai administrator NASA, aku percaya Pluto adalah sebuah planet," ucap Bridenstine di Kongres Astronautika Internasional di Washington pada akhir bulan lalu.

Meski begitu, terlepas dari karakteristik objek yang kompleks, berdasarkan definisi resmi dari International Astronomical Union (IAU) yang mengawasi semua konvensi penamaan planet, Pluto bukanlah sebuah planet.

Hal itu bermula ketika 2006 ditemukannya banyak objek lain seukuran Pluto di tata surya dan diklasifikasikan sebagai planet kerdil. Hal itu kemudian menjadi perdebatan mengenai definisi planet yang sesungguhnya.

Untuk dianggap sebagai planet, sebuah benda langit harus memiliki kemampuan untuk membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya, menjadi kekuatan gravitasi terbesar di wilayahnya.

Logo NASA. [Shutterstock]
Logo NASA. [Shutterstock]

Namun karena Pluto diketahui berbagai orbitnya dengan berbagai objek Sabuk Kuiper lain, bahkan juga berpotongan orbit dengan planet Neptunus, Pluto dikatakan gagal memenuhi definisi baru ini. Oleh karena itu, IAU menurunkan status Pluto dari "planet" menjadi "planet kerdil".

Dilansir laman Space.com, Bridenstine sendiri tetap kukuh pada pendapatnya yang menganggap bahwa Pluto adalah sebuah planet.

"Saya pikir cara Anda mendefinisikan sebuah planet didasarkan pada nilai intrinsiknya. Saya tahu ada banyak ilmuwan yang setuju dengan penilaian itu," tambah Bridenstine.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS