4 Cara Mudah Memindahkan File dari Smartphone ke PC

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
4 Cara Mudah Memindahkan File dari Smartphone ke PC
Ilustrasi melakukan transfer data. [Shutterstock]

Mentransfer file dari smartphone ke PC bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Suara.com - Meski terdengar sepele, namun tidak banyak pengguna gadget yang mengetahui cara memindahkan atau mentransfer file dari smartphone ke PC.

Dilansir laman Make Tech Easier, berikut empat cara mudah yang bisa dilakukan untuk memindahkan file atau data apapun dari smartphone ke PC:

1. Kabel USB

Salah satu cara paling mudah memindahkan file dari smartphone ke PC adalah dengan menggunakan kabel USB bawaan perangkat. Beberapa perangkat Android terbaru menggunakan USB Type-C, sebagian menggunakan micro-USB, dan lainnya menggunakan mini-USB.

Tapi jika smatphone pengguna adalah iPhone, pengguna membutuhkan kabel Apple Lightning.

Ilustrasi kabel USB (Pixabay/digipictures)
Ilustrasi kabel USB (Pixabay/digipictures)

Untuk memindahkan file, sambungkan perangkat dan PC dengan kabel USB. Ketika perangkat terhubung, PC akan memberi tahu bahwa perangkat pengguna telah terdeteksi.

Beberapa smartphone juga akan memunculkan pop-up notification yang menjelaskan bahwa pengguna mengizinkan penyambungan kedua perangkat.

Selanjutnya, telurusi file yang ingin dipindahkan dalam folder smartphone dan memindahkannya ke lokasi manapun di PC.

2. Bluetooth

Metode ini serupa dengan penggunaan metode USB tapi tanpa kabel. Namun, pengguna harus memastikan bahwa PC yang digunakan mendukung konektivitas Bluetooth.

Pasangkan perangkat menggunakan Bluetooth. Setelah kedua perangkat terhubung satu sama lain, buka browser file PC dan navigasikan ke penyimpanan smartphone. Dari sana, pilih file yang ingin dipindahkan ke lokasi manapun di PC.

3. Cloud Storage

Jika pengguna khawatir akan keamanan memindahkan file menggunakan kabel atau perangkat tidak didukung dengan Bluetooth, maka pengguna dapat menggunakan layanan penyimpanan Cloud untuk memindahkan file.

Layanan Dropbox. [Shutterstock]
Layanan Dropbox. [Shutterstock]

Layanan penyimpanan Cloud yang umum digunakan adalah Dropbox dan Google Drive. Keduanya menawarkan penyimpanan gratis, tapi pengguna harus membuat akun terlebih dahulu.

Sebagian besar layanan penyimpanan Cloud memiliki aplikasi selular. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengunggah file lalu buka di PC untuk versi web dari layanan cloud tersebut untuk mengambil dan memindahkan file.

4. Email

Alternatif lainnya untuk memindahkan file adalah melalui email. Pengguna cukup mengirim email yang berisi file tersebut ke alamat sendiri atau alamat email cadangan. Kemudian buka email tersebut di dekstop dan unduh file yang telah dilampirkan pada email.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS