Cara Menonaktifkan Notifikasi di Android

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Menonaktifkan Notifikasi di Android
Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]

Pengguna ponsel Android dapat menonaktifkan pemberitahuan pada perangkat.

Suara.com - Notifikasi yang muncul secara terus-menerus dapat menganggu pengguna. Dilansir laman Lifewire, pengguna dapat menonaktifkan pemberitahuan pada perangkat hingga tidak mendapatkan pemberitahuan apapun.

Berikut cara menonaktifkan notifikasi atau pemberitahuan di Android:

1. Cara menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi individual di Android

Sebelum memulai, tentukan aplikasi mana yang ingin pengguna matikan notifikasinya. Ketuk dan tahan ikon aplikasi hingga muncul menu pop-up.

Dari menu pop-up, ketuk Info Aplikasi atau simbol huruf "i" kecil di dalam lingkaran. Dari sana pengguna akan dibawa ke menu pengaturan baru untuk aplikasi.

Ketuk Notifikasi atau Notifikasi Aplikasi dan pengguna akan melihat halaman untuk menyesuaikan pengaturan pemberitahuan aplikasi.

Pada halaman terakhir, pengguna akan melihat opsi notifikasi yang tersedia. Nonaktifkan toggle Tampilkan Pemberitahuan di bagian atas untuk menonatifkan semua pemberitahuan.

2. Cara menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang tidak bisa diidentifkasi

Jika pengguna sering mendapat notifkasi dari suatu aplikasi tetapi kesulitan mengidentifikasi aplikasi mana yang mengirim notifikasi tersebut, pengguna harus mencoba cara ini.

Notifkasi ini umumnya berupa iklan atau penawaran produk lainnya. Untuk menonaktifkan notifikasi ini, notifikasi itu harus muncul. Setelahnya, tarik ke bawah dari atas layar untuk membuka natification bar. Ketuk dan tahan notifkasi yang ingin dinonaktifkan.

Ilustrasi notifikasi pada smartphone. [Shutterstock]
Ilustrasi notifikasi pada smartphone. [Shutterstock]

Sambil terus menahan, geser sedikit ke kiri. Ketuk ikon roda gini yang muncul dan memunculkan toggle notifikasi. Nonaktifkan toggle tersebut.

3. Cara menonaktifkan notifikasi layar kunci

Pengguna juga dapat menonaktifkan notifikasi di layar kunci. Buka Settings > Apps & notifications > gulir ke bawah dan ketuk Notifications > On the lock screen.

Untuk menonaktifkan semua notifikasi di layar kunci, ketuk Don't show notifications at all. Pengguna juga dapat mengetuk Hide sensitive notification content untuk menyembunyikan konten pemberitahuan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS