NASA Temukan Exoplanet Paling Gelap Sepanjang Sejarah

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
NASA Temukan Exoplanet Paling Gelap Sepanjang Sejarah
Badan antariksa Amerika Serikat, NASA. (Shutterstock)

Exoplanet tersebut diidentifikasi oleh TrES-2B. NASA

Suara.com - NASA berhasil menemukan dan mengungkap detail obyek luar angkasa yang dianggap sebagai exoplanet paling gelap sepanjang sejarah ilmu pengetahuan manusia.

Sebagaimana lansiran laman IBTimes, Selasa (19/11/2019), exoplanet tersebut diidentifikasi oleh TrES-2B. NASA menyebut, planet ini berada di luar tata surya.

Lebih rinci lagi, astronom mengatakan bahwa exoplanet TrES-2B mengorbit pada induk bintang yang terletak sekitar 750 tahun cahaya dari Bumi.

Selain itu, mereka juga memperkirakan bahwa planet ini memiliki komposisi material yang mirip dengan planet Jupiter. Hanya saja, lingkungan dan atmosfernya dipastikan berbahaya bagi manusia, sehingga TrES-2B tidak bisa dihuni makhluk hidup.

Exoplanet TrES-2B. [NASA]
Exoplanet TrES-2B. [NASA]

"Beberapa ilmuwan berpikir bahwa cahaya merah tua menakutkan yang terpancar dari exoplanet itu berasal dari atmosfernya yang terbakar, sehingga udara planet ini sepanas lava," tulis NASA.

Lembaga antariksa milik pemerintah Amerika Serikat ini juga mengklaim bahwa exoplanet tersebut hanya memantulkan sekitar 1 persen cahaya saja. Selain gelap, planet ini juga memiliki kondisi suhu udara yang buruk.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS