Menkominfo Minta Google Segera Bangun Pusat Data di Indonesia

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Menkominfo Minta Google Segera Bangun Pusat Data di Indonesia
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate berbicara dalam acara Google for Indonesia di Jakarta, Rabu (20/11/2019). [Antara/Arnidhya Nur Zhafira]

Google memang berencana membangun data center di Indonesia pada semester pertama 2020.

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Plate meminta Google agar secepatnya membangun data center terintegrasi di wilayah Indonesia.

"Saya minta ke Google untuk menyiapkan data center di wilayah teritorial Indonesia," ujar Plate di sela-sela acara Google for Indonesia yang berlangsung di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Plate menilai, Indonesia merupakan pasar ekonomi yang potensial karena diproyeksikan menembus angka USD 130 miliar pada tahun 2024 mendatang. Oleh karena itu, Plate meminta kepada Google untuk membuat data center yang terintegrasi di wilayah NKRI.

"Kami bicara dengan negara-negara sahabat untuk memastikan kedaulatan data yang tidak hanya bermanfaat bagi negara saja, tapi juga masyarakat," imbuh Plate yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat itu.

Untuk itu, Plate melalui Kominfo senantiasa memberikan dukungan kepada Google untuk mengembangkan Indonesia melalui teknologi-teknologi yang dimilikinya.

Secara terpisah, Head Corporate Communication Google Indonesia Jason Tedjasukmana mengamini permintaan Menkominfo karena pihaknya memang sedang membangun cloud region di Indonesia.

"Tahun depan memang sudah ada cloud region, dalam semester pertama, di Jakarta. Itu sudah diumumkan tahun lalu," beber Jason selepas menjadi Keynote Speeaker Google for Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS