Xiaomi Akan Hadirkan Fitur Pendeteksi Gempa di MIUI 11

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Xiaomi Akan Hadirkan Fitur Pendeteksi Gempa di MIUI 11
Ilustrasi gempa bumi [Shutterstock].

Fitur pendeteksi gempa ini adalah kolaborasi antara Xiaomi dengan lembaga peringatan bencana.

Suara.com - Xiaomi telah merilis MIUI 11 setelah sukses dengan MIUI 10. MIUI sendiri merupakan custom ROM berbasis Android yang dikembangkan pabrikan asal China itu. Smartphone Xiaomi pada umumnya memakai MIUI, kecuali perangkat yang mengusung Android One.

Terbaru, perusahaan mengumumkan melalui blog resmi dengan menyebutkan bahwa MIUI 11 akan menghadirkan fitur pendeteksi gempa. Fitur ini adalah kolaborasi dengan lembaga peringatan bencana.

Xiaomi MIUI 10 (foto: GSM Arena)
Xiaomi MIUI 10 (foto: GSM Arena)

Fitur pendeteksi gempa itu secara diam-diam diluncurkan di Provinsi Sichuan, China sebagai bagian dari uji coba terbatas pada September lalu. Dan sayangnya, fitur itu hanya akan diluncurkan untuk wilayah Negeri Tirai Bambu. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika Xiaomi akan memboyong fitur ini untuk pengguna global.

Lewat fitur pendeteksi gempa, Xiaomi berjanji akan memberikan peringatan detik hingga puluhan detik sebelum gelombang seismik datang.

Dilansir dari Android Authority, Xiaomi menambahkan bahwa pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah dan fitur ini menawarkan pengurangan latensi. Tak hanya itu, perusahaan juga meminta lebih banyak produsen smartphone untuk menawarkan fungsionalitas serupa.

Ini bukan kali pertama fitur pendeteksi gempa tersedia dalam smartphone. Sebelumnya, Apple juga menawarkan fitur pendeteksi gempa di Jepang pada 2011.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS