Bersihkan Ruang Angkasa, Eropa Akan Hadirkan Robot Pemeluk Sampah

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Bersihkan Ruang Angkasa, Eropa Akan Hadirkan Robot Pemeluk Sampah
Ilustrasi sampah antariksa. (Shutterstock)

Tempat pembuangan sampah terbesar di Bumi mungkin berada di ruang angkasa.

Suara.com - Di orbit Bumi yang rendah, sekitar ketinggian 2 ribu kilometer, ada lebih dari 3 ribu satelit yang mati dan puluhan juta keping puing kecil di sekitar atmosfer. Hal itu menjadikan tempat pembuangan sampah terbesar di Bumi mungkin berada di ruang angkasa.

Terkadang, sampah antariksa tersebut menabrak satu sama lain, pecah menjadi sampah yang lebih banyak dan dapat merusak satelit aktif atau pesawat ruang angkasa.

Badan Antariksa Eropa (ESA) berencana membuat robot yang bisa membersihkan sampah antariksa. Sebuah misi yang dikenal sebagai ClearSpace-1, ESA akan meluncurkan robot eksperimental dengan empat lengan untuk menangkap sampah antariksa dan memeluknya sebelum menghancurkan sampah tersebut.

"Masalah sampah antariksa lebih mendesak daripada sebelumnya. Hari ini kami memiliki hampir 2 ribu satelit hidup dan lebih dari 3 ribu satelit yang gagal di orbit. Dan di tahun-tahun mendatang, jumlah satelit akan semakin meningkat," ucap Luc Piguet, CEO ClearSpace, startup asal Swiss yang bermitra dengan ESA.

Dilansir laman Space.com, misi ClearSpace-1 dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2025 mendatang. ESA akan menguji kekuatan otot lengan robot pemeluk sampah itu.

Target pengujian robot ini adalah sampah berukuran sedang yang disebut Vespa, yang disimpan oleh peluncur Vega sekitar 800 km di atas Bumi.

Ilustrasi luar angkasa. (Shutterstock)
Ilustrasi luar angkasa. (Shutterstock)

Biaya untuk misi ini diperkirakan mencapai sekitar 133 juta dolar AS.

Permasalahan sampah antariksa pun telah menjadi sorotan berbagai negara dan lembaga lain. Beberapa mengusulkan metode pembuangan sampah lainnya, seperti menyebarkan jaring kecil dan menggunakan laser yang dipasang di satelit untuk meledakkan serpihan puing-puing ke atmosfer.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS