5 Prediksi Kamera Smartphone di Tahun 2020

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
5 Prediksi Kamera Smartphone di Tahun 2020
Ilustrasi seseorang mengambil foto dengan kamera smartphone. [Shutterstock]

Tren fotografi seluler ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga 2020 mendatang.

Suara.com - Kemampuan fotografi telah menjadi salah satu faktor penentu ketika pengguna membeli smartphone. Tren fotografi seluler ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga 2020 mendatang.

Dilansir dari laman Android Authority, berikut lima prediksi mengenai kamera smartphone di tahun 2020:

1. Resolusi

Salah satu tren 2019 yang menentukan dalam fotografi seluler adalah meningkatnya adopsi sensor kamera resolusi tinggi. Handset tahun ini yang menawarkan besaran resolusi tinggi di antaranya adalah Huawei P20 Pro dan Xiaomi Mi Note 10 yang membawa 48 MP, 64 MP, dan 108 MP. Teknologi dasar yang memungkinkan semua besaran resolusi itu adalah quad-CFA, quad-Bayer, atau sensor kamera "pixel-binning".

Bocoran Samsung Galaxy S11. [Phonearena]
Bocoran Samsung Galaxy S11. [Phonearena]

Samsung disebut juga akan menanamkan sensor 108 MP pada Galaxy S11 tahun mendatang. Perusahaan asal Korea Selatan itu juga akan bekerja pada sensor kamera 144 MP dengan ukuran piksel 0,7um. Tak hanya itu, Qualcomm disebut juga tengah menguji dukugan hingga sensor 200 MP dengan prosesor Snapdragon 865.

2. Fokus otomatis yang lebih cepat dan akurat

Fokus otomatis adalah salah satu fitur kamera yang penting dalam menangkap bidikan aksi gerak, merekam video, dan memastikan bahwa gambar lanskap pengguna memiliki hasil yang tajam dan jelas.

Smartphone 2020 diprediksi akan mulai menggunakan teknologi sensor On-Chip Lens (OCL) 2 × 2 milik Sony, yang juga dikenal sebagai autofokus semua piksel. Teknologi ini dikabarkan telah ditanamkan pada Oppo Find X2.

Sensor OCL 2 x 2 ini sangat berguna untuk fokus otomatis saat menggunakan sensor resolusi tinggi. Dengan demikian, desain 2 × 2 piksel cocok untuk tingkat sensitivitas cahaya yang tinggi dan penangkapan HDR multiple exposure secara simultan.

3. Gerakan super-lambat dan video 8K

Gerakan super lambat 960 frames per second dan pengambilan video 8K memang bukan konsep baru untuk smartphone, tapi tampaknya keduanya akan menjadi jauh lebih populer di tahun 2020.

Prosesor Snapdragon 865 disebut akan memberi daya pada mayoritas smartphone andalan pada 2020 dan menawarkan image signal processor (ISP) yang jauh lebih kuat untuk mendukung penggunaan bandwidth tinggi.

4. Teknologi AI menjadi lebih cerdas

AI bukanlah hal baru bagi smartphone kekinian. Para vendor smartphone saat ini telah menyematkan AI ke dalam sebagian besar handset buatannya. Tapi diprediksi AI akan mengalami peningkatan dan menjadi jauh lebih cerdas di tahun mendatang.

Sebagai contoh, Google Pixel 4 menghadirkan mode astrophotography yang mampu memilih langit malam dan mengabadikan bintang-bintang tanpa eksposur yang berlebihan.

Ponsel Google Pixel 4 diluncurkan di New York, Amerika Serikat pada Selasa (15/10/2019). [AFP/Johannes Eisele]
Ponsel Google Pixel 4 diluncurkan di New York, Amerika Serikat pada Selasa (15/10/2019). [AFP/Johannes Eisele]

Diprediksi fitur-fitur seperti segmentasi semantik, deteksi objek, dan pencitraan berbasis pembelajaran mesin akan menjadi peningkatan dalam AI.

5. Zoom lebih besar

Menjelang akhir 2019, beberapa smartphone mulai menanamkan dua kamera zoom optik. Tren perbesaran gambar itu kemungkinan akan terus berlanjut pada 2020 mendatang.

Tantangannya adalah, lensa zoom yang ditawarkan harus memiliki kualitas gambar yang setidaknya tidak akan pecah dan buram. Hal itu juga akan bergantung pada jenis prosesor yang digunakan.
Namun, pada perangkat dengan prosesor yang lebih terbatas, lensa telephoto dapat menjadi cara untuk menghebat biaya namun tetap meningkatkan kualitas zoom.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS