Peduli Korban Banjir Jabodetabek, Begini Aksi Empati Operator

Dythia Novianty
Peduli Korban Banjir Jabodetabek, Begini Aksi Empati Operator
Warga menaiki mobil saat melintasi genangan banjir di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Rabu (1/1/2020). Banjir tersebut disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Beberapa pihak pun melayangkan bantuan bagi korban banjir di Jabodetabek.

Suara.com - Hari pertama 2020 sebagian besar wilayah di Jabodetabek terendam. Sebagai wujud empati, beberapa pihak pun melayangkan bantuan bagi korban banjir. PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) menyalurkan bantuan ke sejumlah titik banjir di Jabodetabek.

Penyerahan bantuan kepada para korban di lokasi banjir dilakukan secara langsung oleh Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Francky Rinaldo Pakpahan di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta Timur belum lama ini.

"Bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami untuk membantu masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya yang tertimpa musibah banjir. Kami ikut prihatin atas musibah yang terjadi dan berharap dengan bantuan yang kami berikan dapat sedikit meringankan beban para korban," kata Region Group Head XL Axiata Jabodetabek, Francky Rinaldo Pakpahan melalui keterangan resminya.

Selain bantuan darurat berupa barang-barang kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman siap saji, XL Axiata juga mendirikan Posko Banjir di area sekitar lokasi banjir. Posko ini juga dilengkapi fasilitas Telpon Umum Gratis (TUG) dan charging station yang dapat dipergunakan secara gratis oleh warga untuk berkomunikasi.

Tak hanya itu, XL Axiata juga memberikan sejumlah kartu perdana internet bagi para relawan untuk memudahkan mereka berkoordinasi, serta menyediakan fasilitas akses internet bagi warga yang ingin mengetahui informasi terupdate tentang banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Terkait peristiwa banjir ini, secara keseluruhan jaringan XL Axiata mengklaim masih aman dan pelanggan bisa menggunakan layanan XL Axiata, meskipun ada beberapa BTS yang terdampak karena padamnya aliran listrik di area-area banjir di Jakarta.

Diektur & Chief Information Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya bersama Group Head Service Operation XL Axiata, Muhammad Farooq melakukan pengecekkan salah satu BTS XL Axiata. [XL Axiata]
Diektur & Chief Information Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya bersama Group Head Service Operation XL Axiata, Muhammad Farooq melakukan pengecekkan salah satu BTS XL Axiata. [XL Axiata]

Saat ini, tim XL Axiata di lapangan terus berupaya untuk melakukan penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan BTS yang terdampak bisa tetap beroperasi normal.

Sementara itu, tidak hanya di Jakarta, bantuan juga diberikan ke sejumlah daerah di wilayah Jabodetabek yang juga mengalami banjir, diantaranya di Bekasi, Tangerang dan Lebak, Banten yang jumlahnya terdiri dari belasan titik banjir di wilayah Jabodetabek.

Di Tangerang, XL Axiata juga telah mendirikan Posko Banjir di Perumahan Ciledug Indah yang merupakan wilayah di Tangerang yang terdampak banjir terparah.

Tak berbeda dengan di Jakarta, fasilitas Posko Banjir di Perumahan Ciledug Indah juga terdapat TUG dan charging station serta bantuan darurat diberikan secara maksimal. Hingga saat ini, Posko Banjir masih terus memberikan layanan komunikasi serta distribusian bantuan darurat kebutuhan pokok sehari-hari bagi para korban banjir di sana.

Tidak berbeda dengan XL Axiata, bantuan juga dilakukan Indosat Ooredoo dengan mendirikan Posko di lokasi pengungsian warga yang masih belum maksimal mendapatkan bantuan di Jakarta dan Banten.

Posko pertama di dirikan di Depan kantor Kecamatan Pancoran, Jl. Pengadegan Timur II 2, RW.1, Pengadegan, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan. Posko yang sama juga didirikan di kecamatan Sajira, Cipanas, Cilada dan kampung Banjar Parigi, propinsi Banten.

Posko Banjir Indosat Ooredoo. [Indosat Ooredoo]
Posko Banjir Indosat Ooredoo. [Indosat Ooredoo]

Di Posko-posko tersebut, Indosat Ooredoo menyediakan bantuan utama pengobatan gratis dan fasilitas komunikasi gratis bagi masyarakat. Pengobatan gratis diberikan dengan menurunkan Mobil Klinik Indosat Ooredoo yang menyediakan layanan pengobatan gratis, pemberian makanan tambahan bagi anak-anak dan juga trauma healing/psiko sosial bagi anak-anak, serta kebutuhan darurat hygiene kit seperti peralatan mandi dan kebersihan keluarga.

Indosat Ooredoo juga menyediakan paket komunikasi gratis berupa kartu SIMcard IM3 Freedom Internet 2GB dengan paket pulsa dan paket data yang bisa digunakan untuk menelpon, SMS dan komunikasi data di lokasi mana saja.

“Sejak hari pertama kejadian langsung ke lapangan melihat kondisi kemudian mempersiapkan bantuan yang kami wujudkan hari ini di posko depan kantor kecamatan Pancoran Jakarta Selatan dan posko di beberapa titik kecamatan di propinsi Banten. Kami berharap apa yang kami lakukan dapat meringankan beban masyarakat, membantu mereka melewati situasi tanggap darurat sekaligus masa pemulihan paska bencana,” demikian disampaikan Hendri Mulya Syam, Chief Sales & Distribution Officer Indosat Ooredoo melalui keterangan resminya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS