Cara Menghubungkan Speaker Bluetooth dan Headphone ke Android

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Menghubungkan Speaker Bluetooth dan Headphone ke Android
Ilustrasi speaker bluetooth. [Shutterstock]

Ada beberapa cara untuk menghubungkan speaker Bluetooth dan headphone ke Android.

Suara.com - Berkat teknologi Bluetooth yang tersemat pada speaker dan headphone, pengguna kini dapat mendengarkan musik atau podcast, dengan pengalaman yang berbeda dan lebih mudah di perangkat Android.

Ada beberapa cara untuk menghubungkan speaker Bluetooth dan headphone ke Android. Dilansir dari Android Pit, ini langkah mudah untuk menghubungkannya:

1. Pengaturan Bluetooth Android

Cara termudah untuk mengakses pengaturan Bluetooth adalah dari panel pengaturan cepat. Pengguna dapat mengetuk simbol Bluetooth pada layar pintasan untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Kemudian ketuk panah drop-down di bawah simbol untuk mengubah perangkat Bluetooth yang terhubung atau menambahkan perangkat baru. Lalu ketuk More untuk menampilkan pengaturan dengan halaman opsi yang lebih rinci.

2. Menambahkan perangkat baru

Beberapa perangkat seperti komputer akan menyiarkan sinyal Bluetooth sepanjang waktu, kecuali pengguna menonaktifkannya secara spesifik. Jika pengguna tidak melihat speaker atau headphone yang ingin pengguna sambungkan terdaftar sebagai perangkat yang tersedia, pengguna dapat membaca instruksi yang menyertainya. Pengguna mungkin harus menekan tombol atau kombinasi tombol untuk masuk ke mode yang tepat.

Saat perangkat ditampilkan dalam daftar, ketuk sekali untuk menghubungkannya. Pengguna mungkin harus memasukkan PIN untuk mengonfirmasi koneksi. Jika PIN diperlukan, PIN tersebut biasanya tercantum dalam dokumentasi yang disertakan dengan speaker atau headphone. Setelah memasukkan PIN, pengguna akan mendapatkan pesan konfirmasi di layar perangkat.

Ilustrasi Bluetooth. [Shutterstock]
Ilustrasi Bluetooth. [Shutterstock]

3. Menggunakan Bluetooth

Musik, podcast, dan audio lainnya sekarang akan dikirim melalui perangkat Bluetooth yang pengguna sambungkan, baik itu speaker, headphone, atau stereo mobil. Jika Bluetooth tidak berfungsi, coba pilih opsi Lupakan Perangkat dan hubungkan kembali dari awal.

Untuk memutuskan koneksi, pengguna dapat mematikan perangkat eksternal, mematikan Bluetooth di ponsel atau tablet Android, atau gunakan opsi Lupakan Perangkat. Sebagian besar perangkat akan otomatis terhubung kembali ketika Bluetooth diaktifkan. Tetapi penyambungan secara otomatis tidak akan terjadi jika pengguna memilih opsi Lupakan Perangkat.

Teknologi Bluetooth memang lebih mudah dan praktis, namun terkadang bisa sangat merepotkan. Jika pengguna mengalami masalah, pastikan tidak ada perangkat lain dalam jangkauan yang dapat menganggu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS