alexametrics

Cara Menginstal Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal di Android

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Cara Menginstal Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal di Android
Dua toko aplikasi mobile utama, App Store dan Google Play Store. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Karena tidak mendaftarkan aplikasinya di Play Store, pengguna mesti instal beberapa aplikasi secara manual. Begini tipsnya.

Suara.com - Perangkat Android umumnya tidak mengizinkan pengguna menginstal aplikasi yang tidak tersedia di Google Play Store. Namun, ada beberapa pengembang aplikasi yang tidak mendaftarkan aplikasinya ke dalam Play Store, sehingga pengguna harus mengunduhnya lewat web resmi dan menginstalnya secara manual.

Tetapi, itu bukan pengaturan default sehingga pengguna masih bisa menginstal aplikasi dari sumber selain Google Play Store.

Dilansir dari Make Tech Easier, berikut cara menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal di Android:

1. Menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal di Android 8.0 Oreo dan 9.0 Pie

Baca Juga: Banjir Melanda Jakarta, Ganjil Genap Sementara Ditiadakan

Pada Android 8.0, pengguna perlu memberi izin ke aplikasi tertentu yang diizinkan menginstal APK dari sumber yang tidak dikenal.

Untuk mengatur izin ini, buka Settings > Apps & notifications > Advanced > Special app access > Install unknown apps.

Pada menu tersebut, pilih aplikasi yang ingin pengguna beri izin untuk menginstal dari sumber yang tidak dikenal. Kemudian ketuk Allow from this source untuk mengaktifkan sumber yang tidak dikenal untuk aplikasi tersebut.

2. Instal aplikasi dari sumber tidak dikenal di Android 7 Nougat atau versi lebih lama

Untuk menginstal dari sumber yang tidak dikenal di Android 7 atau versi yang lebih lama, pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur langsung dari panel pengaturan.

Baca Juga: Waspadai Jakarta Banjir Lagi, Ini Tips Bila Mobil Terjebak Genangan

Pertama, buka App Drawer > Settings > Security & fingerprint. Pada perangkat yang tidak memiliki fitur sidik jari, pengguna hanya akan melihat opsi Security. Pilih opsi tersebut untuk melihat pengaturan keamanan perangkat.

Komentar