Monyet Curi Sampel Darah Pasien Covid-19, India Panik

Liberty Jemadu
Monyet Curi Sampel Darah Pasien Covid-19, India Panik
Ilustrasi beberapa ekor monyet. [Shutterstock]

Dikhawatirkan penyebaran Covid-19 di India akan tak terkendali, karena virus corona menyebar tidak saja ke manusia tetapi juga monyet.

Suara.com - Seekor monyet menyerang seorang staf laboratorium pada sebuah universitas di India dan mencuri sampel darah milik tiga orang pasien Covid-19, wabah yang dipicu oleh infeksi virus corona baru Sars-Cov-2. Insiden itu dikhawatirkan memperluas penyebaran Covid-19 di negara tersebut.

Peristiwa itu berhasil direkam oleh staf laboratorium yang menjadi korban menggunakan ponsel. Dalam rekaman, yang diunggah ke media sosial, terlihat monyet itu membawa hasil curiannya ke atas sebuah pohon dan mencoba mengunyah sarung tangan laboratorium yang dicurinya.

Peristiwa pencurian itu terjadi di laboratorium milik Lala Lajpat Rai Memorial Medical College, negara bagian Uttar Pradesh pekan ini, tetapi baru diumumkan oleh pemerintah India pada Jumat (29/5/2020).

Akibatnya publik kini risau insiden itu bisa memperluas penyebaran Covid-19 di India, bukan saja ke manusia tetapi juga ke monyet-monyet di negara tersebut. Di India monyet diketahui hidup berdampingan dengan manusia di pemukiman atau perkotaan.

Adapun jumlah kasus positif Covid-19 di Uttar Pradesh hingga Jumat sudah mencapai 7.170.

Covid-19 diketahui bisa menular dari manusia ke binantang. Pada April lalu sejumlah harimau dan singa dalam kebun binatang di New York, Amerika Serikat diketahui terinfeksi Covid-19 dari pekerja di fasilitas tersebut.

Sementara anjing dan kucing juga diketahui bisa terinfeksi Covid-19 dan kasusnya tercatat sudah terjadi di AS, Eropa, dan Hong Kong. Dalam uji coba calon vaksin Covid-19, para ilmuwan bereksperimen menggunakan monyet dan terbukti virus corona bisa menginfeksi binatang tersebut.

Meski demikian para ilmuwan mengatakan belum ada bukti virus corona baru Sars-Cov-2 bisa menular dari sampel darah pasien. Mereka juga mengingatkan bahwa yang diambil oleh monyet itu adalah darah, bukan sampel cairan dari hidung atau mulut pasien.

Kini pemerintah India sedang menyelidiki insiden tersebut. Staf laboratorium yang jadi korban pencurian ini kini diminta melaporkan secara tertulis, bagaimana ia bisa dikelabui oleh seekor monyet dan mengapa, alih-alih berusaha meminta bantuan, ia malah merekam aksi monyet tersebut. [Live Science]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS