Begini Penampakan Bumi dan Venus, Diambil Curiosity dari Mars

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Begini Penampakan Bumi dan Venus, Diambil Curiosity dari Mars
Curiosity, kendaraan robot milik NASA. [NASA]

Curiosity menangkap gambar Bumi dan Venus dari pandangan Mars yang telah digabungkan bersama untuk membentuk bidikan panorama.

Suara.com - Penjelajah Curiosity milik NASA mengambil dua foto sekitar 75 menit, setelah Matahari terbenam di Mars. Menggunakan Mast Camera, Curiosity menangkap gambar Bumi dan Venus dari pandangan Mars yang telah digabungkan bersama untuk membentuk bidikan panorama.

Ini bukan hasil gambar yang jernih dan detail karena langit Mars sangat berdebu pada tahun ini. Bumi dan Venus hanya terlihat seperti titik kecil di langit Mars.

"Bahkan bintang-bintang yang cukup terang tidak terlihat ketika gambar Venus ini diambil," ucap Mark Lemmon dari Space Science Institute di Boulder, Colorado, seperti dikutip dari IFL Science, Rabu (17/6/2020).

Penampakan Bumi dan Venus diambil Curiosity dari Mars. [NASA]
Penampakan Bumi dan Venus diambil Curiosity dari Mars. [NASA]

Pada bagian bawah gambar tersebut juga terlihat struktur Mars yang disebut Tower Buttle, sebuah struktur batu di lereng Gunung Sharp (Aeolis Mons), yang telah dilintasi Curiosity sejak 2014.

Bumi bukanlah satu-satunya objek yang diabadikan Curiosity dari langit Mars. Pada 2015, penjelajah mengirim gambar Matahari terbenam dengan sinar biru yang terlihat dari Mars.

Ahli menjelaskan pada saat itu bahwa warna biru Matahari berasal dari debu yang sangat halus sehingga cahaya biru menembus atmosfer Mars sedikit lebih efisien.

Gambar terbaru Curiosity ini diambil pada 5 Juni 2020 dan telah diterbitkan secara resmi oleh NASA.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS