alexametrics

Cara Membuat CV di Word

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Membuat CV di Word
Ilustrasi curriculum vitae (CV). (Shutterstock)

Pengguna bisa memanfaatkan layanan yang ada seperti Microsoft Word untuk membuat CV.

Suara.com - Ada ratusan situs web pembuat resume atau CV online yang dapat digunakan secara gratis. Tetapi pengguna bisa memanfaatkan layanan yang ada seperti Microsoft Word untuk membuat CV.

Cara membuat CV di Word pun mudah karena Microsoft telah memberikan desain template yang siap. Dilansir dari Zety, Rabu (1/7/2020), berikut cara membuat CV di Word:

1. Akses Ms Word Templates

Buka dokumen baru > klik opsi more templates > pilih Resumes and Cover Letters > pilih template CV sesuai keinginan pengguna > klik Create > template CV yang pengguna pilih muncul sebagai dokumen Word dan pengguna siap untuk mengeditnya dengan informasi dan pengalaman pribadi.

Baca Juga: Langkah Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

2. Membuat header CV di Word

Header atau bagian atas CV biasanya mencakup nama pengguna, jabatan saat ini, nomor telepon, email, dan tautan ke profil online atau situs online profesional yang pengguna miliki.

Pastikan nama pengguna ditulis dalam ukuran huruf 14-16 pt. Tergantung pada jenis huruf yang pengguna gunakan, pengguna harus menentukan apakah huruf tebal akan membuatnya terlihat lebih baik dan menarik.

3. Tambahkan summary CV

Dari header, spasi dua kali untuk membuat summary atau ringkasan CV mengenai pengguna.

Baca Juga: 8 Langkah Memulihkan Dokumen Word Terhapus dan Tidak Tersimpan

Buat kata "Summary" sedikit lebih besar dan huruf tebal. Di bawah judul bagian, tulis beberapa kalimat tentang ringkasan atau tujuan CV pengguna.

Komentar