Spanyol Uji Virus Corona dengan Obat Kumur, Diklaim 100 Persen Akurat

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Spanyol Uji Virus Corona dengan Obat Kumur, Diklaim 100 Persen Akurat
Ilustrasi obat kumur. (Shutterstock)

Spanyol melakukan tes terobosan baru untuk menguji virus Corona (Covid-19) melalui obat kumur.

Suara.com - Spanyol melakukan tes terobosan baru untuk menguji virus Corona (Covid-19) melalui obat kumur, bagi wisatawan yang datang ke negaranya, alih-alih menggunakan tes swab tradisional untuk pengujian.

Cairan yang akan dikonsumsi wisawatan itu kemudian ditempatkan dalam tabung reaksi, dan diklaim hasil tes 100 persen akurat dalam beberapa menit. Sistem pengujian yang berbiaya rendah ini juga diharapkan akan beroperasi segera setelah tes disetujui oleh Badan Obat Eropa.

Rincian awal dari tes tersebut telah diungkapkan oleh presiden pemerintah Kepulauan Canary, Vngel Victor Torres, yang mengatakan bahwa itu akan segera beroperasi dan tersedia dalam beberapa hati.

"Itu akan kurang invasif dari tes usap yang sekarang," ucap Vngel Victor Torres, seperti dikutip dari Mirror, Rabu (1/7/2020).

Sebelumnya, Torres telah membuka penerbangan wisata pertama ke Fuerteventura, pulau terbesar di Kepulauan Canary. Sebanyak 150 penumpang di dalam pesawat Fuerteventura mengikuti tes cepat virus Corona yang ada saat tiba di hotel atas dasar sukarela.

Ilustrasi Belanja di Airport (Pixabay/Skitterphoto)
Ilustrasi suasana di Airport. (Pixabay/Skitterphoto)

Kepulauan Canary sebelumnya telah mendesak untuk "keamanan absolut" mengenai perjalanan internasional dan ingin setiap wisatawan yang datang mendapat uji virus Corona sebelum wisatawan meninggalkan negara asal atau pada saat kedatangan.

Namun, opsi pertama sangat tidak mungkin karena membutuhkan Uni Eropa untuk menyetujuinya secara menyeluruh. Canary telah menyarankan bahwa wisatawan dapat membayar untuk tes, diperkirakan sekitar 20 euro, yang dapat dimasukkan ke dalam biaya liburan atau penerbangan. Opsi lainnya adalah didanai oleh hotel, pemerintah, atau kolaborasi publik-swasta.

Sekarang, Torres memiliki opsi lain untuk menjamin keselamatan para wisatawan dan juga penduduk lokal dengan melakukan tes melalui obat kumur.

"Semua ini merupakan kemajuan besar sehingga kami dapat menawarkan keamanan maksimum di bandara kami," tambah Torres saat mengungkap perincian tes obat kumur baru.

Ilustrasi virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona. [Shutterstock]

Penerbangan ke Fuerteventura datang dari Düsseldorf dan dioperasikan oleh Condor Airlines. Torres juga tertarik menggunakan tes obat kumur untuk kedatangan wisatawan liburan nasional dan internasional. Ia tampaknya ingin memulihkan jalur penerbangan dan industri pariwisata dengan keamanan kesehatan maksimum di bandara.

Torres menjelaskan bahwa penelitian pada tes baru telah berlangsung selama beberapa bulan, tetapi ia tidak membeberkan di mana laboratorium penelitian tersebut atau apakah itu berasal dari Spanyol.

Bersamaan dengan pemerintah Inggris yang mengkonfirmasi rincian skema baru, di mana penduduk Inggris dapat melakukan perjalanan wisata, tes obat kumur dapat berfungsi meredakan ketakutan terhadap wisatawan yang mungkin membawa gelombang baru virus Corona pada saat kedatangan atau saat kembali ke negara asal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS