Bikin Geram Warganet, Mahasiswa Kabur Tanpa Bayar Kos dan Blokir Nomor

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Bikin Geram Warganet, Mahasiswa Kabur Tanpa Bayar Kos dan Blokir Nomor
Ilustrasi kos-kosan. [Unsplash/Marcus Loke]

Warganet menemukan kisah miris dari cucu pemilik indekos yang dirugikan karena mahasiswa kabur dan tidak membayar uang sewa.

Suara.com - Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini, banyak mahasiswa atau orang-orang yang tinggal di indekos memilih untuk menetap sementara dan tidak pulang ke tempat asal karena takut membawa virus. Tetapi, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk meninggalkan indekos. Belakangan, warganet menemukan kisah miris dari cucu pemilik indekos yang dirugikan karena mahasiswa kabur dan tidak membayar uang sewa.

Dibagikan kembali melalui akun Twitter @collegemenfess pada 3 Juli, warganet yang tak diketahui identitasnya mengunggah gambar tangkapan layar dari akun Facebook Maria Theresa yang mengunggah status. Dalam statusnya tersebut, ia bercerita mengenai mahasiswa yang tinggal di indekos milik kakek dan neneknya, namun tidak membayar uang dan kabur. Tak hanya itu, mahasiswa tersebut pun juga memblokir nomor pemilik indekos.

"Ini pandemi orang sama-sama susah. Nenek-kakek gue ngurus kostan berdua doang. Sekarang banyak mahasiswa yang ngekost di indekos nenek gue pada kabur. Ya udah dari lama, sih. But yeah kalian ngekos nggak bayar terus kabur, abis itu ngeblok WhatsApp nenek gue keterlaluan banget. Nenek gue mana paham kalian ngeblok nomornya," tulis pemilik akun Maria Theresa dalam unggahannya.

"Oke, kita sama-sama ngerti lah gimana lagi pandemi gini mungkin sama-sama susah nyari uang. But at least, jangan kabur gitu aja dan pas ditagih langsung ngeblok. Nggak ada akhlak banget sama orang tua, udah lanjut usia pula. Bukan cuman seorang dua orang aja, tapi hampir sekostan pada kabur ke rumah masing-masing," tambahnya.

Pemilik akun tersebut mengaku tidak bisa berbuat apa-apa karena hal ini telah terjadi. Namun, ia mengingatkan kepada orang lain agar tidak berbuat seperti itu.

"Yaudah lah sih, udah kejadian. Gue ngingetin aja buat yang baca, barangkali suatu saat lagi ngekost, jangan kabur terus ngeblok akun atau nomor landlord alias pemilik kostan. Kita juga sama-sama cari rejeki. Makasih," tulisnya.

Dalam unggahan tersebut, pemilik akun juga membagikan foto layar ponsel berisi pesan WhatsApp kepada salah satu mahasiswa yang tinggal di indekos milik kakek dan neneknya.

Telihat pesan berbunyi, "Assalamualaikum neng, tolong ke Bapak uang segera dilunasi. Terima kasih" yang kemungkinan besar dikirim oleh sang nenek.

Namun, pesan tersebut hanya dibaca oleh penerima pesan karena terlihat dari tanda centang biru. Pemilik kos kemudian mengirim pesan serupa pada 18 Mei dan 21 Mei 2020, tetapi hanya menunjukkan centang satu berwarna abu-abu.

"Yang ngekost dan emang rencananya mau pindah kosan atau apapun itu, omongin dulu ya baik-baik sama pemiliknya. Jangan kayak gini," tulis warganet yang mengunggah tangkapan layar tersebut dalam kolom keterangan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS