Cara Menghapus Akun Google atau Gmail dengan Aman

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Menghapus Akun Google atau Gmail dengan Aman
Aplikasi Gmail di sebuah ponsel pintar dan komputer (Shutterstock).

Pengguna dapat menghapus akun Google dengan mudah.

Suara.com - Akun Google memberi akses ke semua layanan Google, termasuk Gmail, YouTube, Drive, dan lainnya. Mungkin beberapa pengguna ingin menghapus akun Google karena memiliki akun sekunder yang tidak lagi digunakan atau karena hal lainnya. Pengguna dapat menghapus akun Google dengan mudah.

Dilansir dari Android Authority, Selasa (28/7/2020), berikut cara menghapus akun Google dengan aman dan hal-hal yang harus diketahui:

1. Hal yang perlu diketahui sebelum menghapus akun Google

Jika ingin menghapus akun Google, ada banyak data yang akan kehilangan akses, termasuk semua layanan Google seperti Gmail, Drive, Calendar, dan lainnya, bersama dengan data apapun yang terkait dengan akun Google tersebut, seperti email, foto, dan catatan.

Anda juga akan kehilangan akses ke langganan atau konten apapun yang dibeli dari YouTube, Google Play Film, Buku, atau Musik. Selain itu, pengguna akan kehilangan akses ke infromasi yang disimpan dengan Chrome, termasuk ke aplikasi dan ekstensi Chrome gratis atau berbayar.

Jika menggunakan smartphone Android, Anda juga akan kehilangan akses ke kontak apapun yang tertaut, serta data apapun yang dicadangkan menggunakan Pencadangan Android. Anda pun akan kehilangan nama secara permanen dan tidak akan dapat menggunakan nama pengguna yang sama setelah menghapus akun.

2. Hal yang harus dilakukan sebelum menghapus akun Google

Jika telah menggunakan akun Google untuk sementara waktu, pengguna mungkin akan memiliki beberapa data penting yang perlu disimpan, seperti email, catatan, foto, dan informasi lainnya.

Jika tidak banyak, dapat mengunduhnya secara individual, tetapi Google menyediakan cara sederhana untuk membuat cadangan semua data.

Untuk melakukannya, pertama buka pengaturan akun Google dengan mengakses ke alamat accounts.google.com kemudian buka bagian "Data & personalization" pada menu di sebelah kiri > gulir ke bawah menuju opsi "Download, delete, or make a plan for your data".

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS