Google Kampanyekan Penggunaan Masker Lewat Doodle Hari Ini

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Google Kampanyekan Penggunaan Masker Lewat Doodle Hari Ini
Google doodle anjuran penggunaan masker dan menjaga jarak. [Screenshot/Dythia Novianty]

Google mengajak semua orang menggunakan masker penutup wajah lewat doodle.

Suara.com - Google mengajak semua orang menggunakan masker penutup wajah lewat doodle yang muncul di halaman utama pencarian pada hari ini, Rabu (5/8/2020).

Doodle tersebut menunjukkan huruf-huruf Google klasik yang memiliki kaki dan setiap huruf mengenakan masker. Tak hanya itu, animasi doodle tersebut pun bergerak saling berjauhan satu sama lain, menunjukkan isyarat untuk menjaga jarak atau physical distanding, demi mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Dalam laman resmi Google doodle tertulis, "Gunakan masker. Selamatkan nyawa. Karen Covid-19 terus berdampak pada komunitas di seluruh dunia, bantu hentikan penyebaran dengan mengikuti langkah-langkah ini".

Google doodle pun memberikan tautan yang akan membawa pengguna ke daftar apa saja yang harus dilakukan untuk tindakan pencegahan. Selain itu, tautan tersebut juga menampilkan peta negara dari mana pengguna berasal dan jumlah kasus virus Corona yang terkonfirmasi, jumlah kematian, dan jumlah kasus yang sembuh. Halaman tautan tersebut pun menampilkan total kasus secara global.

"Masker dapat mencegah penyebaran virus dari orang yang mengenakan masker ke orang lain. Masker saja tidak melindungi terhadap Covid-19 dan harus dikombinasikan dengan jarak fisik dan kebersihan tangan," tulis Google dalam halaman tautan tersebut.

Selain itu, Google juga memberikan saran untuk mencegah penyebaran Covid-19 seperti sering membersihkan tangan menggunakan sabun dan air, pertahankan jarak aman dari siapa pun yang batuk atau bersin, pakai masker penutup wajah, jangan menyentuh wajah, tutupi hidung dan mulut dengan siku ketika batuk dan bersin, tetap di rumah jika merasa tidak sehat, serta minta bantuan medis jika merasa demam, batuk, dan sulit bernapas.

Tak hanya itu, halaman tautan itu juga menampilkan situs-situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), UNICEF, hingga situs tepercaya di Indonesia yang memuat artikel tentang virus Corona.

Google doodle anjuran penggunaan masker dan menjaga jarak. [Screenshot/Dythia Novianty]
Google doodle anjuran penggunaan masker dan menjaga jarak. [Screenshot/Dythia Novianty]

Dengan adanya Covid-19, Google telah menyoroti pandemi tersebut menjadi topik utama doodle dalam beberapa bulan terakhir.

Selama pandemi, Google juga telah mendedikasikan doodle untuk sejumlah pahlawan di lini depan yang melawan virus Corona serta perintis cuci tangan Dr. Ignaz Semmelweis, seorang dokter dan ilmuwan Jerman-Hingaria.

Google doodle hari ini muncul hampir di seluruh negara dan pengguna dapat mengetahui artikel mengenai virus Corona, hanya dengan mengklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS