Cara Menghapus Riwayat Lokasi Google

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Menghapus Riwayat Lokasi Google
Ilustrasi lokasi Google. [Tumisu/Pixabay]

Pengguna dapat menghapus riwayat lokasi Google melalui browser ataupun Android.

Suara.com - Pengguna layanan Google dapat mematikan pelacakan lokasi yang dinilai dapat menganggu privasi. Setelah mematikan pelacakan, Anda juga dapat menghapus riwayat lokasi Google agar benar-benar bersih.

Pengguna dapat menghapus riwayat lokasi Google melalui browser ataupun Android. Dilansir dari The Verge, Selasa (1/9/2020), berikut cara menghapus riwayat lokasi Google"

1. Hapus riwayat lokasi Google di Android

Meskipun dapat menghapus riwayat lokasi yang dikumpulkan untuk timeline Google di area Aktivitas Saya, pengguna juga dapat menghapusnya dengan mudah di Google Maps.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Serangan Panik Topik Paling Dicari di Google

Google Maps. [Google Indonesia]
Google Maps. [Google Indonesia]

Untuk menghapusnya, buka aplikasi Google Maps > ketuk ikon profil di sudut kiri atas > pilih opsi Your Timeline > pilih tiga titik di sudut kanan atas > ketuk Settings and Privacy > gulir ke bawah ke opsi Delete all Location History.

Kemudian akan mendapatkan pop-up windows yang meminta untuk mencentang kotak yang menyatakan bahwa Anda memahami, beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi dengan baik jika menghapus riwayat lokasi. Centang kotak dan pilih opsi Delete.

2. Hapus riwayat lokasi Google di browser

Pengguna pun dapat menghapus riwayat lokasi Google melalui browser dengan mengakses alamat https://www.google.com/maps > ketuk tiga garis paralel di sudut kiri atas panel samping.

Jika pengguna tidak menemukan panelnya, cari panah kecil di pojok kiri atas dan klik di atasnya. Kemudian pilih Your Timeline > cari ikon roda gigi di sisi kanan bawah layar > klik di atasnya, lalu Delete all Location History.

Baca Juga: Hindari Parkir Mahal di Mal, Google Maps Kembangkan Fitur Ini

Sama seperti di aplikasi seluler, pengguna akan menemukan pop-up window yang meminta mencentang kotak yang menyatakan bahwa Anda memahami beberapa aplikasi mungkin tidak berfungsi dengan baik. Centang kotak dan pilih Delete Location History. Selamat mencoba!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS