alexametrics

5 Fenomena Langit Ini Bisa Diamati, Ada Ekuinoks di September

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
5 Fenomena Langit Ini Bisa Diamati, Ada Ekuinoks di September
Ilustrasi fenomena langit. [Shutterstock]

Berikut ini lima peristiwa langit yang akan terjadi pada September 2020.

Suara.com - Setiap bulan akan selalu ada fenomena langit yang pernah terjadi, entah dapat terlihat dengan jelas atau tidak. September 2020 banyak mengalami peristiwa langit menarik lainnya.

Dilansir dari In The Sky, Time and Date, dan Night Sky Online, Kamis (3/9/2020), berikut ini lima peristiwa langit yang akan terjadi pada September 2020:

1. Konjungsi Bulan dengan Mars

Bulan akan melakukan pendekatan dengan Mars pada 6 September mendatang. Keduanya akan berada di ketinggian 7 derajat di atas ufuk timur pada pukul 21.13 WIB.

Baca Juga: Kejatuhan Meteor, Petani Brasil Justru Dapat Rezeki Nomplok

Konjungsi Bulan dengan Mars September 2020. [In the Sky]
Konjungsi Bulan dengan Mars September 2020. [In the Sky]

Kedua objek langit tersebut akan mencapai titik tertinggi dengan ketinggian 77 derajat di atas ufuk utara pada pukul 02.41 WIB, hingga akhirnya menghilang saat fajar pada pukul 05.37 WIB.

Saat melakukan konjungsi, Bulan dan Mars akan berada di konstelasi Pisces. Pasangan tersebut akan cukup dekat dengan jarak 5 derajat satu sama lain sehingga pengamatan bisa dilakukan hanya dalam bidang pandang teleskop.

Tetapi pengamat juga dapat melihatnya dengan mata telanjang sebagai bintang cerah yang tidak berkelap-kelip.

2. Konjungsi Bulan dengan Venus

Setelah berkonjungsi dengan Mars, Bulan akan kembali melakukan pendekatan dengan Venus pada 14 September. Keduanya akan terpisah sejauh 4 derajat satu sama lain dengan penampakan Venus yang sangat cerah di langit.

Baca Juga: Ekuinoks Akan Ramaikan Fenomena Langit September

Keduanya mulai dapat diamati pada pukul 03.07 WIB dan mencapai ketinggian 32 derajat di atas ufuk timur laut, sebelum menghilang dari pandangan saat fajar pada pukul 05.33 WIB.

Komentar