alexametrics

Waspada! Jika Titik Oranye Menyala di Layar iPhone

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Waspada! Jika Titik Oranye Menyala di Layar iPhone
Ilustrasi layar iPhone. [Shutterstock]

Pembaruan iOS 14 menambahkan fitur keamanan baru yang disebut "titik peringatan".

Suara.com - Pembaruan iOS 14 menambahkan fitur keamanan baru yang disebut "titik peringatan", fitur yang akan memberi tahu pengguna setiap kali mikrofon atau kamera ponsel diaktifkan.

Titik peringatan tersebut muncul dengan warna oranye dan hijau kecil di bagian atas layar, membuat sebagian besar pengguna kebingungan.

Namun, titik tersebut berfungsi jika suatu aplikasi mungkin mendengarkan melalui mikrofon iPhone. Artinya, jika ada aplikasi yang merekam pengguna secara diam-diam, pengguna akan mengetahuinya.

Menurut Tech Radar, Selasa (22/9/2020), titik oranye adalah cara baru untuk memberi tahu pengguna bahwa mikrofon ponsel sedang digunakan dan merekam apa saja yang sedang terjadi.

Baca Juga: Shazam Hadir! Apple Rilis iOS 14.2 Beta Publik

Ilustrasi iPhone. [AFP/Nicolas Asfouri]
Ilustrasi iPhone. [AFP/Nicolas Asfouri]

Artinya, jika pengguna melihat titik tersebut, pengguna mungkin sedang mendikte sesuatu atau menggunakan Siri. Namun jika pengguna tidak melakukan sesuatu yang melibatkan penggunaan mikrofon, mungkin ada aplikasi yang merekam di latar belakang tanpa izin.

Sedangkan titik berwarna hijau akan muncul jika pengguna melakukan sesuatu yang melibatkan kamera. Jika pengguna membuka kunci ponsel menggunakan Face ID, pengguna akan melihat titik hijau tersebut.

Pengguna juga akan melihatnya saat menggunakan aplikasi panggilan video seperti FaceTime atau WhatsApp, serta jika mengambil foto selfie.

Titik tersebut pun akan muncul jika kamera belakang sedang digunakan, yang berarti pengguna dapat memantau penggunaan dari depan dan belakang sehingga pengguna akan tahu jika ada aplikasi yang dapat mengintip dan melihat apa yang pengguna lihat.

Mengutip dari The Sun, dengan menggesek bagian Control Centre, pengguna akan dapat melihat detail tentang aplikasi mana yang menggunakan mikrofon atau kamera. Jika pengguna mencurigai ada sesuatu yang terjadi, pengguna harus memeriksa izin aplikasi di Pengaturan dan menolak akses tertentu ke mikrofon atau kamera.

Baca Juga: Cara Mengetahui iPhone dengan iOS 14 Anda Sedang Dimata-Matai

Jika pengguna benar-benar khawatir, pengguna dapat menghapus aplikasi tersebut. Apple selalu menekankan pada privasi dan jika pengguna bertanya-tanya aplikasi mana yang memiliki izin untuk menggunakan mikrofon dan kamera, ada cara praktis untuk mengetahuinya sebelum menginstal.

Komentar