NASA Luncurkan Toilet dan Serum Wajah ke Luar Angkasa, Bisa Ditonton Live

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
NASA Luncurkan Toilet dan Serum Wajah ke Luar Angkasa, Bisa Ditonton Live
Ilustrasi stasiun luar angkasa internasional (ISS) [Shutterstock).

Kargo berisi serum kecantikan sampai toilet versi diperbarui bisa disaksikan live di kanal ini.

Suara.com - NASA akan meluncurkan toilet baru ke luar angkasa dengan tujuan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menggunakan pesawat kargo pribadi dalam minggu ini, Rabu (30/9/2020) pukul 9.27 WIB. Selain toilet, peluncuran itu juga membawa berton-ton pasokan segar ke ISS.

Misi yang dikenal sebagai Cygnus NG-14 ini akan mengirimkan kargo 3.458 kg pada penerbangan ke-14 untuk pesawat luar angkasa robotik Cygnus Northrop Grumman, dan misi ke-13 kapal penyuplai ulang ke ISS.

Cygnus akan diluncurkan di atas roket Antares dari Mid-Atlantic Regional Spaceport di Wallops Flight Facility NASA, Virginia.

Northrop Grumman menamai pesawat luar angkasa Cygnus S.S. Kalpana Chawla untuk menghormati astronot Kalpana Chawla, salah satu dari tujuh astronot yang meninggal dalam tragedi pesawat ulang-alik Columbia pada 2003.

Baca Juga: Seorang Astronot NASA Berencana Berikan Suara saat Pemilu dari Luar Angkasa

Kargo Cygnus NG-13 Northrop Grumman [NASA].
Kargo Cygnus NG-13 Northrop Grumman yang akan segera digantikan kargo baru  [NASA].

Kargo yang dibawa ke luar angkasa oleh Cygnus akan mencakup persediaan awak seperti makanan, di samping muatan eksperimen ilmiah dan bahkan toilet luar angkasa yang diperbarui.

Toilet luar angkasa yang secara resmi disebut Universal Waste Management System ini bernilai 23 juta dolar Amerika Serikat (AS), yang dibuat dengan masukan astronot dan akan menjadi salah satu eksperimen dan peralatan penting yang dikirim dalam peluncuran ini.

Toilet baru ini 65 persen lebih kecil dan 40 persen lebih ringan dari toilet yang ada di ISS saat ini.

"Toilet ini dirancang untuk mengoptimalkan pengguaan toilet bagi kru perempuan dan NASA menghabiskan banyak waktu bekerja dengan anggota kru untuk meningkatkan penggunaan toilet," kata Melissa McKinley, manajer proyek Advanced Exploration Systems Logistics Reduction, seperti dikutip Space.com pada Senin (28/9/2020).

Kargo yang diangkut juga mencakup percobaan menumbuhkan lobak yang dikenal sebagai Plant Habitat-02, investigasi Onco Selectors yang akan berfokus pada terapi kanker, percobaan sistem pemulihan air baru, kamera khusus yang akan menangkap bagaimana rasanya berada di ISS dalam realitas maya 360 derajat, hingga botol serum perawatan kulit dari Estée Lauder.

Baca Juga: Waduh! ISS Lakukan Manuver Darurat?

Bagi yang berminat menonton peluncuran pesawat luar angkasa tersebut secara langsung di NASA TV mulai pukul 9.00 WIB atau di situs Ustream NASA Wallops.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS