alexametrics

Pesawat Antariksa China Kirim Foto Selfie dari Perjalanan ke Mars

Liberty Jemadu
Pesawat Antariksa China Kirim Foto Selfie dari Perjalanan ke Mars
Foto selfie Tianwen-1, pesawaat antariksa China yang sedang dalam perjalanan menuju Mars. [Dok CNSA]

Pesawat antariksa Tianwen-1 diluncurkan pada Juli 2020 lalu dan ditargetkan akan tiba di Mars pada Februari 2021.

Suara.com - Tianwen-1, pesawaat antariksa China yang sedang dalam perjalanan menuju Mars, baru-baru ini berhasil mengirim foto selfie-nya ke Bumi, demikian diwartakan CNet Kamis (1/10/2020).

Pesawat antariksa Tianwen-1 diluncurkan pada Juli 2020 lalu dan ditargetkan akan tiba di Mars pada Februari 2021. Ia rencananya akan mendarat di permukaan planet merah itu pada Mei tahun yang sama.

Foto selfie itu disiarkan oleh badan antariksa China (CNSA) dan program eksplorasi bulan (CLEP) pada 1 Oktober, bertepatan dengan hari nasional Tiongkok.

Dalam blog resmi, peneliti CNSA menjelaskan bahwa Tianwen-1 sudah berjarak 24,1 juta kilometer dari Bumi dan dalam kondisi baik. Adapun dalam foto yang disebar terlihat pesawat keemasan dan berpanel hitam itu dengan latar belakang luar angkasa yang gelap. Bendera merah China terlihat pada bagian bawahnya.

Baca Juga: Ditemukan! Danau Terkubur di Bawah Tanah Planet Mars

Uniknya untuk menghasilkan foto ini, Tianwen-1 menggunakan sebuah kamera wide angle yang sudah dipersiapkan sejak dari Bumi. Kamera itu secara otomotis memotret pesawat antariksa itu berkali-kali saat dilepaskan dan menjadi sampah antariksa.

Foto-foto hasil jepretan kamera sekali pakai itu langsung dikirim ke Tianwen-1, yang pada gilirannya meneruskan foto-foto tersebut ke Bumi.

Selain China, pada Juli kemarin ada beberapa negara yang mengirim misi ke Mars. Di antaranya adalah Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat. Adapun misi Uni Emirat Arab tak bertujuan untuk mendarat, tetapi hanya akan melayang di orbit planet merah tersebut.

Sementara Amerika Serikat akan mendaratkan robot peneliti bernama Perseverance dan sebuah helikopter mini bernama Ingenuity. Keduanya ditargetkan mendarat di permukaan Mars pada Februari 2021.

Baca Juga: Wah! Ada Danau Asin di Bawah Kutub Selatan Mars

Komentar