alexametrics

Bersiap Pulang ke Bumi, Astronot Latihan Pakai Masker Wajah di Luar Angkasa

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Bersiap Pulang ke Bumi, Astronot Latihan Pakai Masker Wajah di Luar Angkasa
Astronot bermasker. [Twitter]

Astronot NASA Chris Cassidy menjalankan misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada awal April lalu.

Suara.com - Astronot NASA Chris Cassidy menjalankan misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada awal April lalu. Saat peluncurannya, pandemi virus Corona (Covid-19) semakin memburuk di Amerika Serikat sejak itu.

Cassidy dan dua rekan awak kosmonot Rusia akan dijadwalkan kembali ke Bumi minggu ini setelah enam bulan bertugas di ISS. Karenanya, Cassidy berpikir ia harus mulai berlatih untuk menghadapi kehidupan di tengah pandemi saat kembali ke Bumi.

Pada 20 Oktober, Cassidy mengunggah potret dirinya mengenakan masker penutup wajah di ISS melalui akun Twitter @Astro_SEAL.

"Melatih diri saya untuk realitas baru ketika saya pulang pada Rabu," cuitnya.

Baca Juga: Masih Pandemi, Dokter Imbau Masyarakat Bawa New Normal Kit Saat Bepergian

Astronot bermasker. [Twitter]
Astronot bermasker. [Twitter]

Cassidy bersama dengan Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner dari Roscosmos menjalani masa karantina standar sebelum diluncurkan ke ISS. Dikarenakan peluncuran dilakukan di tengah pandemi, ada beberapa batasan lebih dari biasanya, seperti pengurangan kru pendukung di lokasi peluncuran dan tidak ada tamu yang diizinkan.

Dilansir dari CNET, Rabu (21/10/2020), aturan karantina yang ketat dan pemeriksaan kesehatan akan menunjukkan bahwa semua awak yang diterbangkan ke ISS telah terbebas dari virus Corona.

Penghuni ISS tidak harus menggunakan masker wajah, tetapi Cassidy sangat menyadari keadaan yang berbeda di Bumi jika ia pulang.

Beberapa penggemar luar angkasa mengomentari tweet Cassidy dengan mendoakan perjalanan pulang yang aman, sementara yang lain menyarankan dia harus mencoba untuk tetap berada di orbit sedikit lebih lama.

NASA TV akan menyiarkan perjalanan pulang Cassidy, termasuk rencana pendaratan di Kazakhstan. Setidaknya, astronot itu telah siap untuk menghadapi realita kehidupan di Bumiyang sedang berlangsung dengan melatih dirinya menggunakan masker.

Baca Juga: Peneliti Sebut Masker dan Jaga Jarak Tak Cukup untuk Cegah Virus Corona

Komentar