alexametrics

Cara Menggunakan Perekam Layar di Android 11

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Cara Menggunakan Perekam Layar di Android 11
Ilustrasi logo Android 11 [Antara]

Mari melakukan rekaman kegiatan seru dan bagikan kepada rekan, murid, atau kerabat. Seperti membuat tutorial contohnya.

Suara.com - Pembaruan Android 11 menawarkan beberapa fitur menarik, salah satunya adalah perekam layar atau screen recorder. Fitur ini memungkinkan merekam video tentang apa saja di ponsel. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk berbagai hal, seperti tutorial teknologi di ponsel hingga pemecahan masalah.

Untuk menggunakan peremkam layar pun sangat mudah, berikut ini cara menggunakan perekam layar seperti dilansr dari Android Central:

1. Cara menggunakan perekam layar di Android 11

  • Untuk menggunakan perekam layar di Android 11, geser ke bawah dari atas layar ponsel untuk mengakses panel notifikasi > geser ke bawah lagi untuk melihat Pengaturan Cepat (Quick Settings).
  • Geser layar ke kanan pada Pengaturan Cepat sampai pengguna menemukan toggle perekam layar. Ketuk pada opsi Screen Record atau Rekam Layar > ketuk pada toggle jika pengguna ingin merekam audio atau menunjukkan sentuhan di layar.
  • Ketuk pada opsi Record Audio untuk menentukan audio apa yang ingin pengguna rekam lalu ketuk opsi Start untuk memulai rekaman. Saat pengguna memulai rekaman, pengguna akan melihat ikon merah kecil di kanan atas layar yang memberi tahu pengguna bahwa rekaman sedang berlangsung.
  • Setelah selesai merekam, geser ke bawah untuk melihat panel notifikasi dan klik pada red banner atau spanduk merah yang bertuliskan Tap to Stop. Rekaman tersebut akan secara otomatis tersimpan di ponsel pengguna.
Recorder pada Android 11 [Andrew Martonik / Android Central].
Recorder pada Android 11 [Andrew Martonik / Android Central].

2. Cara melihat rekaman layar yang disimpan

Baca Juga: 5 Aplikasi Android Launcher Terbaik Ini Mengubah Cara Anda Berinteraksi

  • Untuk melihat rekaman layar yang telah disimpan, buka aplikasi Google Photos di ponsel > klik menu Library di bilah navigasi bawah > klik opsi Movies.
  • Bagian Movies di Google Photos berisi semua video yang disimpan di ponsel pengguna, termasuk rekaman layar.

Langkah-langkah di atas merupakan cara mudah untuk menggunakan perekam layar di Android 11. Selamat mencoba!

Komentar