alexametrics

Bocoran Terbaru, Huawei P50 Bawa Chipset Kirin 9000 dan Layar OLED Samsung

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
Bocoran Terbaru, Huawei P50 Bawa Chipset Kirin 9000 dan Layar OLED Samsung
Logo Huawei. [Shutterstock]

Huawei P50 series bakal ditenagai oleh chipset gahar milik perusahaan.

Suara.com - Mate dan P series milik Huawei biasanya diluncurkan secara berselingan. Bocoran anyar, Huawei P50 diprediksi bakal ditenagai chipset gahar terbaru perusahaan, Kirin 9000

Mengingat Huawei Mate 40 series sudah rilis pada Oktober 2020, berarti kita bisa menunggu giliran Huawei P50 untuk keluar. Sebagai informasi, Huawei P40 series telah diluncurkan pada April 2020 lalu.

Berdasarkan siklus tahunan, HP baru Huawei P50 series diyakini bakal dirilis pada April 2021 atau mungkin lebih cepat pada akhir kuartal pertama 2021.

Blog teknologi The Elec melaporkan bahwa Samsung Display dan LG Display bersiap memasok panel OLED pada HP flagship terbaru.

Baca Juga: Sah! Qualcomm Mendapat Izin Menjual Chip 4G ke Huawei

Samsung Display telah memperoleh lisensi untuk berdagang dengan Huawei pada Oktober 2020 sementara LG Display juga melakukan kerja sama serupa.

Chipset Kirin 9000. (Huawei)
Chipset Kirin 9000. (Huawei)

Dikutip dari GSM Arena, Huawei P50 diyakini akan menggunakan chipset Kirin 9000. Ini merupakan hal normal mengingat chipset Kirin yang debut pada Mate series biasanya dipakai lagi pada P series berikutnya.

Namun mengingat tahun 2000 adalah "tak biasa" maka hal tersebut semacam kemenangan bagi Huawei.

Perusahaan telah menimbun beberapa juta chip Kirin 9000 untuk digunakan di ponselnya sebelum sanksi memutuskan mereka dari TSMC.

Mungkin sebagian dari pasokan itu dibebaskan, terutama karena flagship Honor baru tidak akan menggunakan Kirin. Atau kemungkinan Huawei berharap TSMC juga dapat memperoleh lisensi dan melanjutkan pengiriman chip ke Huawei.

Baca Juga: Honor Luncurkan Ponsel Terbaru, Spesifikasinya Mirip Huawei Nova 8 SE

Huawei P40. (Huawei)
Huawei P40. (Huawei)

Qualcomm dan MediaTek sama-sama mengajukan permohonan lisensi, jadi perusahaan tidak dalam bahaya terkait ketersediaan chipset.

Namun secara alami, perusahaan lebih suka menggunakan chipset Kirin miliknya sendiri, sehingga ini nampak seperti kemenangan. Pada 2019 flagship Huawei (P dan Mate series) telah terkirim 44 juta unit.

Mereka bersaing ketat dengan flagship Samsung (S dan Note series) yang mencapai 45 juta unit. Jika bocoran ini benar, HP baru Huawei P50 series dengan Kirin 9000-nya bisa menjadi kompetitor yang cukup ketat bagi Samsung.

Komentar