alexametrics

5 Tips yang Harus Dilakukan Sebelum Beli PlayStation 5

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
5 Tips yang Harus Dilakukan Sebelum Beli PlayStation 5
Ilustrasi bermain game [Shutterstock]

Salah satunya perlu ruang lebih lapang karena konsol berisiko terinjak orang.

Suara.com - Kehadiran PlayStation 5 (PS5) telah dinanti banyak orang karena konsol generasi terbaru ini menawarkan banyak peningkatan, baik fitur, pengalaman bermain, ataupun game. Namun sebelum membeli PS5, ada beberapa hal yang harus diketahui serta dilakukan.

Dilansir dari Gamespot, berikut lima tips sebelum beli PS5 yang mesti dilakukan calon konsumen:

1. Pindahkan game PS4 ke penyimpanan eksternal

  • PS5 memberikan kompatibilitas mundur sehingga pengguna dapat bermain game PS4 dengan berbagai peningkatan di konsol generasi terbaru.
  • Karena game PS5 hanya bisa dijalankan dari SSD eksternal, pengguna harus menyimpan game PS4 di hard drive eksternal. Tidak perlu menyimpan ruang apa pun untuk untuk menyimpan game PS5 karena game tersebut tidak dapat ditempatkan sementara di drive eksternal.
  • Juga bisa menyimpan game PS4 ke SSD PS5 internal dari drive eksternal setelah mengatur sistem. Dengan demikian waktu muat lebih cepat. Namun disarankan hanya untuk game dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Untuk memindahkan game PS4 ke penyimpanan eksternal, buka Settings > Storage > System Storage > Applications Press Options dan pilih Move to Extended Storage > centang game yang ingin dipindahkan dan tekan OK.
  • Jika ini pertama kalinya menggunakan perangkat penyimpanan eksternal di PS4, harus memformatnya terlebih dahulu dengan masuk ke Settings > Devices > USB Storage Device dan pilih drive lalu pilih Format as Extended Storage.
  • Meski begitu, Sony mengatakan ada beberapa game PS4 tertentu yang tidak dapat berfungsi di PS5. Sehingga harus dipastikan game tersebut dapat dimainkan sebelum mengunduh dan menyimpannya.

2. Kelola tangkapan layar dan video tersimpan

Baca Juga: Bos Sony Ungkap Ketersediaan PlayStation 5

  • PS5 menghadirkan beberapa fitur baru untuk memperingati history PS4 pengguna, termasuk menampilkan waktu bermain dalam game dan membuat galeri media yang telah dibagikan ke Twitter atau Facebook di PS4.
  • Tetapi jika memiliki tangkapan layar atau video yang ingin disimpan, dapat dengan mudah disalin dari sistem menggunakan drive USB.
  • Untuk melakukannya, cukup sambungkan drive, buka opsi Capture Gallery > centang item yang diinginkan > pilih Copy to USB Storage untuk memindahkannya.
Stik PS5 yang diperkenalkan Sony pada Selasa (7/4/2020). [Dok Playstation]
Stik PS5 yang diperkenalkan Sony pada Selasa (7/4/2020).  Sebagai ilustrasi bagian dari PS 5[Dok Playstation]

3. Periksa kredensial masuk

  • Pengguna harus masuk ke PlayStation Network setelah PS5 terpasang, mesti tahu kata sandi dan otentikasi dua faktor jika menggunakannya.
  • Jika tidak, bisa menggunakan sistem "lupa kata sandi saya" dari Sony, tetapi berisiko membuat akun terkunci. Oleh karena itu, periksa kembali kredensial masuk atau sign in pengguna.

4. Persiapkan adaptor PSVR

  • Jika memiliki PSVR dan tertarik untuk menggunakannya di konsol baru, perlu adaptor khusus untuk menghubungkan PSVR ke PS5.
  • Sony menawarkannya secara gratis kepada pemilik PSVR, tetapi pengguna harus mengajukan permintaan melalui situs webnya untuk mendapatkan. Pastikan memiliki nomor seri yang terdapat di bagian belakang kotak PSVR.

5. Persiapkan ruang

  • PS5 memiliki ukuran yang cukup besar untuk sebuah konsol. Karena itu, harus menyiapkan ruang untuk menempatkannya, baik mencari perabot baru atau membersihkan yang sudah ada. Konsol generasi selanjutnya ini memiliki dimensi 390 x 104 x 260 mm, cukup besar untuk diletakkan di lantai dan riskan terinjak atau ditendang orang.

Komentar