alexametrics

Rating Wild Rift Alami Penurunan di Play Store, Penyebabnya Apa Ya?

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
Rating Wild Rift Alami Penurunan di Play Store, Penyebabnya Apa Ya?
Logo League of Legends Wild Rift. (Play Store)

Banyak pemain yang tiba-tiba memberikan rating bintang satu.

Suara.com - League of Legends: Wild Rift meramaikan pasar MOBA yang memiliki banyak penggemar di Tanah Air. Meski hype-nya cukup tinggi di awal peluncuran, namun kini banyak pengguna yang memberikan bintang satu di Play Store

Ketika artikel ini ditulis, rating keseluruhan Wild Rift di Play Store adalah 3.8 dari 5 bintang yang ada.

Tentu itu tak terlalu menyenangkan mengingat awal kedatangannya Wild Rift langsung masuk ke jajaran Top Free di Play Store.

MOBA "sebelah" yang berusia lebih tua dan memiliki banyak penggemar di Indonesia mempunyai rating rata-rata di atas 4. Tentu ini merupakan sebuah peringatan yang harus diperhatikan agar hype mengenai Wild Rift tetap terjaga.

Baca Juga: Weird Genius Siap Kolaborasi dengan Wild Rift, Begini Respon Penggemar

Dilihat dari grafik rating di Play Store, kita bisa menyaksikan bar berwarna hijau (bintang lima) dan oranye tua (bintang satu).

Banyak player yang memberikan rating bintang satu pada League of Legends Wild Rift di Play Store. (Play Store)
Banyak player yang memberikan rating bintang satu pada League of Legends Wild Rift di Play Store. (Play Store)

Bar paling bawah cukup "melesat" yang mengindikasikan bahwa banyak player memberikan bintang satu pada game tersebut.

Masih belum diketahui mengenai penyebab utama mengapa game baru ini mendapatkan penurunan rating dari penggemar. Namun jika dilihat dari beberapa rating yang baru masuk, terdapat beberapa indikator mengenai dugaan penyebab penurunan rating.

Banyak pengguna yang memberikan rating bintang satu karena merasa terdapat "masalah" di Matchmaking.

Contoh pengguna yang memberikan bintang satu pada Wild Rift. (Play Store)
Contoh pengguna yang memberikan bintang satu pada Wild Rift. (Play Store)

Sebagian pengguna yang membahas topik Matchmaking mengeluhkan mengenai teman satu tim yang dianggap tidak sesuai tier dan gaya bermain mereka.

Baca Juga: Siap Bersaing, Morph Team Bentuk Divisi League of Legends Wild Rift

"Rank matchmaking sangat buruk. Menyebalkan! Jangan bermain bila kalian solo rank," komentar salah seorang pengguna yang memberikan bintang satu.

Terdapat juga masalah log-in dan koneksi internet di mana pengguna mengeluhkan hambatan saat log-in atau kendala putus di tengah permainan dan mereka tidak bisa reconnected.

League of Legends Wild Rift. (HiTekno.com)
League of Legends Wild Rift. (HiTekno.com)

Beberapa masalah lain yang disebutkan termasuk bug skill, lag, hingga sistem pemilihan lawan tidak seimbang. Ada pula pengguna yang merasa versi mobile masih kurang maksimal jika dibandingkan versi PC-nya.

"Ini masih jauh jika dibandingkan versi PC. Orang yang mengira ini lebih baik dari MOBA lainnya, sadarlah," tulis Iv*n G*e*t.

Masalah Matchmaking memang pernah menjadi problem bagi MOBA lain sehingga mereka melakukan beberapa update untuk memperbaikinya. Jika isu di atas bisa ditanggapi oleh Wild Rift, bukan tidak mungkin bahwa game ini bisa memperoleh rating dan hype tinggi kembali.

Komentar