alexametrics

5 Tips Dapatkan Hasil Penelusuran Google yang Lebih Baik

Sumarni | Lintang Siltya Utami
5 Tips Dapatkan Hasil Penelusuran Google yang Lebih Baik
Ilustrasi Google Search. [Shutterstock]

Satu di antaranya harus menuliskan situs yang dicari lebih spesifik.

Suara.com - Google menjadi mesin penelusuran yang mudah digunakan untuk menemukan informasi apa pun. Tetapi pengguna mungkin tidak tahu seberapa tepat kata kunci yang digunakan sebagai istilah pencarian untuk memunculkan hasil yang diinginkan.

Dilansir CNET, ada lima tips yang harus diketahui pengguna untuk mendapatkan hasil penelusuran Google yang lebih baik. Berikut ini lima tips tersebut:

1. Cari dengan domain atau situs yang lebih spesifik

Jika pengguna kebetulan hanya mencari hasil dari situs web tertentu, pengguna dapat membatasi cakupan penelusuran ke domain tersebut menggunakan situs: operator.

Baca Juga: Fitur Video Call di Hangouts Dihapus demi Promosikan Google Meet

Sebagai contoh, pengguna ingin mencari konten smartphone gaming di laman Suara.com. Maka kata kunci yang harus diketikkan pengguna di kotak penelusuran adalah smartphone gaming site:Suara.com dan tekan enter. Semua hasil yang dikeluarkan Google akan dibatasi pada domain Suara.com.

2. Cari kata atau frase yang lebih spesifik

Aturan di atas juga berlaku jika pengguna memiliki kata atau frase tertentu yang ingin dicari. Pengguna dapat memasukkan penelusuran dalam tanda kutip untuk membatasi hasil pada kata-kata yang persis sama.

Sebagai contoh, pencarian ulasan Amazon Echo memberikan sekitar 22,5 juta hasil pencarian. Sementara "Ulasan Amazon Echo" akan mempersempit hasil pencarian tersebut menjadi sekitar 91.700 hasil.

3. Lihat versi cache dari sebuah situs

Baca Juga: Gelar Karya Kreatif Jadi Cara Lestarikan Budaya di Situs Warisan Dunia

Tidak semua halaman web akan bertahan selamanya. Jika sesuatu yang pengguna harapkan untuk kembali dan dibaca telah hilang sejak pengguna pertama kali mengunjungi situs tersebut, pengguna dapat memeriksa apakah Google menyimpannya dalam cache. Namun, operator ini harus digunakan di bilah alamat, bukan di bilah pencarian.

Komentar