alexametrics

Calo PS5 dan Xbox Series X Raup Keuntungan Rp 846 Miliar

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Calo PS5 dan Xbox Series X Raup Keuntungan Rp 846 Miliar
PlayStation 5. [PlayStation]

Para calo PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X, telah meraup keuntungan hampir 60 juta dolar AS.

Suara.com - Para calo PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X, telah meraup keuntungan hampir 60 juta dolar AS atau sekitar Rp 846 miliar, sejak kedua konsol generasi terbaru itu diluncurkan pada November.

Calo-calo tersebut membeli ribuan unit konsol dan mencoba menjualnya kembali dengan harga fantastis. Harga ekstrem yang ditawarkan untuk PS5 di eBay, mencapai 3.000 dolar AS atau sekitar Rp 42 juta.

Sulitnya mencari ketersediaan konsol membuat para pemain frustrasi dan rela membayar mahal demi mendapatkan konsol tersebut.

Menurut laporan Tom's Hardware, Xbox Series X/S dijual sekitar 150 persen lebih tinggi dari harga eceran rata-rata di pasaran.

Baca Juga: Cukup Bayar Rp1 , Ini Cara Melakukan Pre-order PS5 di Shopee

Xbox Series S dan Xbox Series X . (Microsoft)
Xbox Series S dan Xbox Series X . (Microsoft)

Rincian laporan menyebut calo telah menghasilkan sekitar 3,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 49,3 miliar untuk seri S dan 20 juta dolar AS atau sekitar Rp 282 miliar untuk seri X.

Di sisi lain, PS5 Digital Edition juga telah terjual 350 persen lebih tinggi dari harga eceran rata-rata. Sementara PS5 Standar telah terjual dengan harga sekitar 200 persen lebih tinggi.

Jika dirinci, maka calo telah mendapatkan keuntungan sekitar 7 juta dolar AS atau sekitar Rp 98,7 miliar untuk Digital Edition dan 27 juta dolar AS atau sekitar Rp 380 miliar untuk PS5 Standar.

Secara keseluruhan, calo telah mendapat untung sekitar 60 juta dolar AS dalam waktu sekitar dua bulan dari penjualan konsol-konsol tersebut.

Dilansir dari Screenrant, Jumat (18/12/2020), calo telah menjadi salah satu masalah yang menyebabkan PS5 dan Xbox Series X sulit didapat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pengembalian Dana Game di PS4 dan PS5

Namun, selama permintaan PS5 dan Xbox Series X tetap tinggi, orang-orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya.

Komentar