alexametrics

Susul Messages, Google Duo Akan Hilang dari Ponsel Android

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Susul Messages, Google Duo Akan Hilang dari Ponsel Android
Aplikasi Google Duo. [Shutterstock]

Dengan kebijakan sertifikasi Google, kemungkinan produk China tidak lagi mendukung penggunaan Duo.

Suara.com - Google Messages akan berhenti berfungsi untuk smartphone Android yang tidak memiliki sertifikasi Google.

Aturan ini tampaknya juga akan diterapkan pada layanan Duo. Laporan dari 9to5Google menemukan bahwa aplikasi Google Duo mungkin akan segera berhenti berfungsi di beberapa ponsel Android.

Menurut bukti yang ditemukan, perubahan ini akan memengaruhi ponsel Android yang tidak disertifikasi oleh Layanan Google Play.

Dilansir dari Android Central pada Jumat (22/1/2021), bisa diartikan bahwa ponsel Huawei atau ponsel Android dengan ROM China tidak akan lagi mendukung Duo.

Baca Juga: Google Duo Merilis Fitur Terbaru, Bisa Screen Sharing

Logo Huawei AppGallery. (Huawei)
Logo Huawei AppGallery. (Huawei)

Jika pengguna memiliki perangkat yang tidak bersertifikat dan memperbarui ke versi 123 terbaru Google Duo yang telah diluncurkan saat ini, pengguna mungkin melihat pesan yang memberi tahu bahwa pengguna akan kehilangan akses ke layanan itu.

Layanan kemudian akan menyarankan pengguna untuk mengunduh media atau riwayat panggilan apa pun yang ingin disimpan.

Aturan pemberhentian akses ke layanan Google Messages pada perangkat yang tidak menjalankan proses sertifikasi resmi Google untuk Layanan Seluler Google sendiri akan dilakukan mulai 31 Maret 2021. Meskipun tidak jelas kapan aplikasi Duo akan mengalami nasib yang sama.

Google Duo dikenal sebagai aplikasi seluler video chat yang dikembangkan oleh Google dan dirilis pada 2016. Dengan fitur-fitur terbarunya, Google Duo saat ini menjadi salah satu opsi untuk melakukan pertemuan virtual di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) selain Zoom.

Baca Juga: Video Call di Google Duo Bisa Diikuti 32 Orang, Begini Cara Mengaktifkannya

Komentar