alexametrics

Google Siapkan Fitur Belah Layar di OS Android 12

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Google Siapkan Fitur Belah Layar di OS Android 12
Logo Android. [Gabriel Bouys/AFP]

Android 12 akan menawarkan fitur belah layar, sehingga dua aplikasi bisa beroperasi sekaligus dalam satu layar ponsel.

Suara.com - Google dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru yang bisa membelah layar dalam sistem operasi Android 12. Fitur terbaru ini akan memberikan kemampuan multitasking split-screen yang diberi nama App Pairs.

Diwartakan 9to5google, Jumat (22/1/2021), fitur ini sama dengan split-screen yang sudah diterapkan saat ini. Split-screen memungkinkan pengguna Android untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Misalnya, ketika pengguna membuka satu aplikasi dan ingin membuka aplikasi lainnya dalam satu layar, maka mereka hanya tinggal menekan tombol sesuai yang berlaku di device.

Nantinya, layar akan terbelah menjadi dua. Aplikasi yang pertama akan ditempatkan di atas, sementara aplikasi kedua diletakkan di bawahnya. Pengguna juga bisa memodifikasi ukuran layar, apakah salah satu aplikasi mau ditampilkan lebih dominan atau cukup disamaratakan tampilannya.

Baca Juga: Solusi Irit Memori, Android 12 Bakal Sematkan Fitur Baru

Namun karena desain layar ponsel semakin besar dan beberapa ponsel lipat dan layar ganda sudah muncul, kemampuan fitur ini belum mengimbangi. Beberapa merek seperti Samsung, LG, dan Microsoft akhirnya membuat fitur split screen sendiri untuk menyesuaikan dengan kemampuan ponsel.

Dengan fitur App Pairs, fungsi belah layar pada Android 12 ini akan secara efektif mengelompokkan dua aplikasi bersama dengan satu task di sampingnya.
Artinya, pengguna dapat memilih dua aplikasi yang baru dibuka secara dalam satu layar, bersamaan dengan satu aplikasi tampilan full di dalam task.

Sama seperti split screen saat ini, App Pair akan menawarkan layar belah yang memuat dua aplikasi. Bedanya, fitur ini akan berjalan lebih cepat ketika pengguna mau mengalihkan satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Pratinjau developer Android 11 pertama kali muncul pada pertengahan Februari tahun lalu. Hal yang sama juga diharapkan pada Android 12. Diharapkan pratinjau App Pairs ini juga akan muncul pada Februari 2021.

Baca Juga: Update Android 11 Bikin Rusak Mi A3, Xiaomi Tawarkan Perbaikan Gratis

Komentar