alexametrics

Mengenal Apa Itu Dapra, Pengaman Kapal yang Viral dan Bikin Heboh

Rifan Aditya
Mengenal Apa Itu Dapra, Pengaman Kapal yang Viral dan Bikin Heboh
Apa itu dapra, dapra kapal - Penemuan bola besar di pantai Bintan [ANTARA]

Memahami apa itu dapra layaknya bisa jadi pengetahuan wajib untuk Anda yang sering bepergian menggunakan angkutan laut seperti kapal feri atau sejenisnya.

Suara.com - Benda berbentuk bola raksasa yang diduga dapra ditemukan nelayan di Kabupaten Bintan, Kepri, Selasa (26/1/2021) mendadak viral dan menghebohkan publik. Jadi apa itu dapra? Simak penjelasan berikut.

Apa Itu Dapra?

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia daring, dapra adalah bantalan yang dipasang pada lambung kapal atau perahu (untuk menjaga supaya jangan bersentuhan dengan tembok dermaga atau pangkalan dan sebagainya).

Secara lebih luas, dapra juga bisa diartikan sebagai bantalan yang dipasang pada dermaga, lambung kapal, atau titik kontak lain antara kapal dan pelabuhan, yang ditujukan untuk meredam getaran ketika terjadi sentuhan secara langsung. Ketika kapal hendak berlabuh, tentu akan bersentuhan dengan dermaga. Ketika sentuhan terjadi secara langsung tanpa peredam getaran maka dapat beresiko merusak atau bahkan merobek lambung kapal.

Baca Juga: Hanya 5 Jam Gambar Botol Air Mineral, Pemuda Ini sampai Dihubungi Aqua!

Dapra sendiri digunakan sudah sejak lama sebagai salah satu perangkat wajib yang harus terpasang, baik pada kapal atau pada dermaga. Hanya saja, bentuk dan ukurannya bisa berbeda.

Ada pula ban berukuran besar yang dipasang pada bagian tepi dermaga, yang juga bisa berfungsi sebagai dapra sederhana.

Pada industri transportasi laut, dengan kapal penumpang misalnya, faktor keamanan selalu menjadi yang utama untuk diperhatikan.

Salah satu upaya untuk meningkatkan faktor tersebut adalah pemasangan dapra, baik pada bagian lambung kapal atau pada bagian dermaga yang bersentuhan langsung dengan kapal ketika akan berlabuh.

Penemuan Benda Diduga Dapra

Baca Juga: Berani, Indonesia Tangkap Kapal Tanker Iran dan Panama

Benda yang diduga dapra sendiri baru-baru ini ditemukan oleh warga Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Benda tersebut berupa bola hitam besar dengan ukuran diameter 3 meter, dan dilengkapi dengan rantai di sekeliling bagiannya.

Komentar